Polri Serahkan Petikan Sidang Kode Etik Pemecatan ke Ferdy Sambo

Jum'at, 23 September 2022 - 14:21 WIB
loading...
Polri Serahkan Petikan Sidang Kode Etik Pemecatan ke Ferdy Sambo
Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo berjalan keluar ruangan usai mengikuti sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) di Gedung TNCC Divisi Propam Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022) dini hari. FOTO/ANTARA/M Risyal Hidayat
A A A
JAKARTA - Biro Penanggung Jawab Profesi (Wabprof) Propam Polri telah menyerahkan petikan sidang kode etik dan banding Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada Ferdy Sambo . Mantan Kadiv Propam Polri itu dipecat karena melakukan pelanggaran berat Kode Etik Profesi Polri, yakni tindak pidana pembunuhan berencana Brigadir J.

"Hasil komunikasi bahwa petikan putusan PTDH FS hari ini sudah diserahkan kepada yang bersangkutan. Artinya yang bersangkutan hari ini sudah menerima petikan hasil sidang etik dan banding yang digelar beberapa waktu lalu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada awak media, Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Selain itu, kata Dedi, Wabprof Propam Polri juga telah menyerahkan salinan putusan sidang tersebut ke SSDM Polri. Nantinya, hal itu dilanjutkan dengan proses administrasi. "Untuk proses administrasi juga dari Wabprof sudah serahkan ke SDM. Artinya SDM juga on process," ujar Dedi.



Diketahui dalam kasus obstruction of justice, Polri telah menetapkan tujuh orang tersangka pidana. Mereka adalah Ferdy Sambo (mantan Kadiv Propam Polri), Brigjen Hendra Kurniawan (eks Karopaminal Divisi Propam Polri), Kombes Agus Nurpatria (eks Kaden A Biropaminal Divisi Propam Polri), AKBP Arif Rahman Arifin (eks Wakadaen B Biropaminal Divisi Propam Polri).

Lalu, Kompol Baiquni Wibowo (eks PS Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri), Kompol Chuck Putranto (eks PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri), dan AKP Irfan Widyanto (eks Kasubnit I Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri).

Dalam hal ini, Polri telah menjatuhkan sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap empat tersangka, yaitu Ferdy Sambo, Kompol Chuck Putranto, Kompol Baiquni Wibowo, dan Kombes Agus Nurpatria. Terbaru, komisi etik telah resmi menolak banding PTDH yang diajukan oleh Ferdy Sambo. Dengan kata lain, Ferdy Sambo resmi dipecat atau bukan lagi sebagai anggota Polri.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1169 seconds (10.101#12.26)