Pemuda Penggerak Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa

Selasa, 20 September 2022 - 17:07 WIB
loading...
Pemuda Penggerak Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa
Dr. Misbah Fikrianto, Deputi Direktur Administrasi SEAQIL. Foto/Istimewa
A A A
Dr. Misbah Fikrianto
Deputi Direktur Administrasi SEAQIL

Kekuatan teknologi menjadi kebutuhan semua sektor pembangunan bangsa. Menyikapi kebutuhan teknologi, generasi muda yang lebih dekat dengan pemanfaatan teknologi menjadi peran yang penting. Penggunaan teknologi memberikan penguatan daya saing bangsa, karena kemajuan era teknologi sudah menjadi peluang dan tantangan yang besar. Pemuda harus adaptif dan hands on terhadap kemajuan teknologi.

Memasuki era teknologi adalah eranya anak muda, era kaum generasi Z dan alpha. Mereka yang akan menentukan nasib bangsa ke depan. Mereka harus melek digital, mereka harus melek teknologi, dan mereka harus tahu bahwa teknologi harus bisa diterapkan dalam banyak hal untuk membantu masyarakat hingga untuk bisnis. Peran teknologi bukan hanya sekadar alat bantu, tetapi menjadi media percepatan nilai tambah ekonomi.

Menurut Pakar Teknologi Pendidikan, Miarso, teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu. Teknologi merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi dan meningkatkan daya saing bangsa.

Baca juga: Pemuda Penanda Zaman

Munculnya teknologi baru yang mengakibatkan perubahan luar biasa di semua disiplin ilmu, ekonomi, dan industri. Kondisi yang ada, sekitar 75 % pekerjaan melibatkan kemampuan sains, teknologi, teknik dan matematika, internet of things. Oleh karenanya, kaum muda lulusan perguruan tinggi harus siap untuk digital challenge dan memiliki digital talent.

Literasi Teknologi

Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Digital Society 5.0 menjadikan dorongan melek literasi menjadi kebutuhan. Anak muda adaptif dengan literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Era saat ini semua sendi-sendi kehidupan semua diwarnai dengan sentuhan teknologi yang besar. Semua aktivitas anak muda sangat dekat dengan pemanfaatan aplikasi, gawai sebagai media, dan teknologi sebagai upaya yang lebih efisien dan efektif. Berbicara tentang anak muda, pasti identif dengan pemanfaatan teknologi yang cepat dan tepat guna.

Literasi teknologi menjadi kebutuhan semua pihak. Bagaimana penerapan teknologi yang tepat guna dan tepat sasaran. Teknologi memberikan nilai tambah untuk berbagai aktivitas.

Di era digitalisasi seperti saat ini arus globalisasi sudah tidak terbendung lagi, ditandai dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan merambah ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Akses internet bisa digunakan dari daerah pegunungan sampai desa terpencil, hampir segala hal di seluruh penjuru dunia bisa diakses masyarakat di belahan bumi mana pun dengan bebas dan begitu mudahnya tanpa adanya batasan jarak ataupun waktu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1861 seconds (11.252#12.26)