Gelar Silahturahmi Nasional, JK Minta Jenggala Center Bermanfaat bagi Masyarakat

Sabtu, 17 September 2022 - 15:25 WIB
loading...
Gelar Silahturahmi Nasional, JK Minta Jenggala Center Bermanfaat bagi Masyarakat
Mantan wakil presiden dua kali Jusuf Kalla (JK) meminta Jenggala Center tidak hanya alat politik tapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan wakil presiden dua kali Jusuf Kalla (JK) membuka acara Silaturahmi Nasional Jenggala Center di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu, JK meminta Jenggala Center selain menjadi alat politik juga harus hadir dan membantu masyarakat.

Jusuf Kalla mengakui cikal bakal Jenggala Center merupakan organisasi masyarakat yang digerakkan memenangkan Pemilu 2004. Namun dengan berkembangnya waktu kini telah memberikan manfaat langsung pada masyarakat.

"Kita sebagai suatu organisasi masyarakat tentunya juga harus bermanfaat melakukan kegiatan sosial ekonomi. Selain jadi tim politik kita juga harus bergerak ke masyarakat untuk kemakmuran masyarakat," kata JK, Jumat (17/9/2022) malam.

Baca juga: Beri Kode Minta Dukungan di Pilpres 2024, Airlangga: Mohon Arahan Bimbingan Pak JK

Dia juga menjelaskan, Jenggala Center memiliki jaringan luas yang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. Dengan banyaknya jaringan tersebut harus dijadikan menyebar manfaat. "Jenggala juga memiliki jaringan luas. Tentu jaringan itu harus bermanfaat. Bukan hanya masa politik tertentu tapi juga bermanfaat pada masyarakat karena kita juga hidup bermasyarakat," jelasnya.

Baca juga: Jusuf Kalla Nilai Kebijakan Pemerintah Naikkan Harga BBM Hal Biasa

Ketua Umum Jenggala Center Ibnu Munzir mengatakan saat ini eksistensi Jenggala Center tidak hanya saat perhelatan politik. Namun hadir di tengah masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial. "Kita aktif melakukan kegiatan vaksinasi dan donor darah di berbagai wilayah ketika pandemi sedang melanda. Itu adalah bentuk kepedulian kami berkontribusi pada negara ini," ujarnya.

Di saat ekonomi masyarakat dalam kondisi sulit dilanda wabah Covid-19, Jenggala Center belanja di pasar tradisional lokal kemudian diberikan kepada panti asuhan. Hal itu dilakukan untuk memutar ekonomi dengan cara yang sederhana. "Paling tidak itu membantu sektor ekonomi mereka dengan cara seperti itu," jelasnya.

Ketua Dewan Penasehat Jenggala Center Iskandar Madji mengatakan silaturahmi kali ini dilakukan untuk konsolidasi organisasi dengan Jenggala Daerah. "Kita selalu menjadi tim sukses pilpres. Alhamdulillah dari tiga kali pilpres kita menang dua kali kalah satu kali. Jadi 2:1. Dan tidak ada organisasi pemenangan seperti Jenggala ini yang berpengalaman," kata Iskandar.

Dalam acara silaturahmi nasional tersebut hadir juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan sejumlah tokoh senior politik serta 28 Jenggala Daerah di seluruh Indonesia serta tiga perwakilan di luar negeri.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1888 seconds (11.210#12.26)