Survei: Elektabilitas Puan Maharani Naik Signifikan, Tembus Empat Besar

Jum'at, 09 September 2022 - 21:19 WIB
loading...
Survei: Elektabilitas Puan Maharani Naik Signifikan, Tembus Empat Besar
Peneliti Senior Lembaga Survei KedaiKOPI Ashma Nur Afifah saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Jumat (9/9/2022). Elektabilitas Puan Maharani naik signifikan menyodok ke empat besar capres 2024. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani sebagai bakal calon presiden (capres) 2024 meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Politikus Partai Demokrasi Demokrasi Indonesia (PDIP) itu menyodok ke empat besar survei elektabilitas capres 2024 .

Hal itu diketahui dari survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) yang digelar pada 3-18 Agustus 2022. Dalam metode survei terbuka, di mana responden tak diberi pilihan nama calon, Puan Maharani meraih elektabilitas sebesar 9,6%.

"Puan elektabilitasnya sudah meningkat cukup pesat dan berada di urutan tertinggi keempat," kata Peneliti Senior Lembaga Survei KedaiKOPI Ashma Nur Afifah saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Jumat (9/9/2022).



Puan hanya kalah dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (26%), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (18%), dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (14,5%).

Puan Maharani mengungguli nama besar lainnya seperti Ridwan Kamil (7,7%), Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (1,5%), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (1,3%), dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (1,3%).

Sementara dalam survei metode tertutup, di mana responden sudah diberi pilihan 19 nama tokoh, Puan tetap berada di posisi keempat dengan elektabilitas 11,3%.

Dalam skema tertutup ini, Puan lagi-lagi hanya kalah dari Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Berkat Turun ke Bawah
Elektabilitas Puan dalam survei kali ini sudah jauh meningkat dari survei sebelumnya yang digelar sejumlah lembaga. Ashma menilai peningkatan elektabilitas ini terjadi akibat kerja keras Puan yang kerap turun ke bawah untuk safari politik ke desa-desa di berbagai daerah.

Hal itu terlihat dari mayoritas responden pemilih Puan yang kebanyak berasal dari kawasan rural atau pedesaan. "Persetujuan terhadap Puan Maharani lebih banyak di daerah lural dibanding urban," kata Ashma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)