Menteri LHK Tegaskan Masalah Lingkungan dan Iklim Perlu Solusi Bersama

Kamis, 01 September 2022 - 14:10 WIB
loading...
Menteri LHK Tegaskan Masalah Lingkungan dan Iklim Perlu Solusi Bersama
Menteri LHK Siti Nurbaya dalam JECMM G20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (31/8/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menegaskan, bahwa masalah lingkungan dan iklim global perlu solusi bersama. Hal ini dikatakan Menteri LHK dalam Joint Environment and Climate Ministers’ Meeting (JECMM) G20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (31/8/2022).

Pada kesempatan ini, Menteri Siti membagikan beberapa pemikiran dan perspektif untuk membingkai diskusi. Dirinya menegaskan, masalah lingkungan global membutuhkan solusi global.

"Bahkan ketika kita berkumpul di pulau yang indah ini, kita tidak dapat menyembunyikan fakta bahwa dunia menghadapi tantangan yang semakin kompleks," kata Siti Nurbaya dalam keterangannya, Kamis (1/9/2022).

"Seperti pertumbuhan penduduk, krisis air, kelangkaan sumber daya, kerawanan energi, serta perusakan lingkungan," tambahnya.

Baca juga: Negara G20 Satukan Komitmen untuk Isu Lingkungan dan Perubahan Iklim

Dijelaskan Siti, tidak ada satu negara pun yang tidak terkena dampak buruk dalam satu atau lain cara, dan tidak dapat menyelesaikan masalah lingkungan global itu sendirian.

"Oleh karena itu, kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga forum-forum multilateral bidang lingkungan agar dapat berjalan," ucapnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya selaku Chair dalam pertemuan ini menyambut baik kehadiran para menteri bidang lingkungan hidup dan iklim negara anggota G-20, serta negara-negara undangan dan organisasi internasional.

"Kehadiran Anda hari ini mencerminkan dukungan kepada Kepresidenan G20 kami dan persahabatan Anda dengan rakyat Indonesia. Ini juga mencerminkan komitmen terhadap G20 untuk menjadikannya relevan dan penting," kata Menteri Siti dalam pidatonya.

Menteri Siti berharap, dari pertemuan dan diskusi dalam JECMM ini, dapat menghasilkan langkah dan komitmen bersama untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi dalam mengatasi permasalahan yang ada.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1024 seconds (11.97#12.26)