Peringati HUT ke-77 RI, KBRI Panama City Bersih-bersih Pantai

Selasa, 30 Agustus 2022 - 06:27 WIB
loading...
Peringati HUT ke-77 RI, KBRI Panama City Bersih-bersih Pantai
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Panama City menggelar kegiatan bersih-bersih pantai dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, Minggu (28/8/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia ( KBRI ) di Panama City menggelar kegiatan bersih-bersih pantai dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI , Minggu (28/8/2022). Kegiatan itu dilakukan KBRI Panama City bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Panama.

Kegiatan itu digelar di kawasan pantai Kompleks Monumen Bersejarah Panama Viejo. Lokasi ini dipilih karena juga bertepatan dengan peringatan 503 tahun berdirinya Panama City pada Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan peserta dan relawan, di antaranya Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Panama City Sukmo Harsono beserta seluruh jajaran staf KBRI Panama City, Kementerian Lingkungan Hidup Panama, Direktur Organisasi Internasional dan Kementerian Luar Negeri (MIRE), Korps Kepolisian, Korps Diplomatik yang terakreditasi di Panama, Universitas Maritim Panama (UMIP), Universitas Amerika (UAM), Kepolisian, LSM lingkungan hidup, dan relawan lainnya.

Peringati HUT ke-77 RI, KBRI Panama City Bersih-bersih Pantai

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Panama City Sukmo Harsono (kiri) saat membawa sampah dari pantai. Foto/Istimewa

Baca juga: Dubes Sukmo Harsono Beberkan Capaian KBRI Panama



Dubes Sukmo Harsono menyampaikan terima kasih atas kolaborasi erat yang berhasil terselenggara antara KBRI Panama City dengan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Panama dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI sekaligus peringatan 503 tahun berdirinya Kota Panama. Sukmo juga menyoroti pentingnya menjaga lingkungan sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Presidensi G20, saat menjadi pembicara di World Leaders Summit on Climate Change atau COP26, bahwa Indonesia terus berkontribusi dalam pengelolaan perubahan iklim.

Indonesia saat ini telah memulai rehabilitasi hutan mangrove seluas 600 ribu hektare hingga 2024, terbesar di dunia, termasuk merehabilitasi tiga juta lahan kritis antara 2010-2019. “Indonesia juga berkomitmen untuk melindungi sungai, danau, pantai, dan lautan, karena mereka sangat penting bagi manusia dan ekosistem planet ini,” kata Sukmo Harsono.

Direktur Regional Kementerian Lingkungan Hidup Panama Enrique Castillo sepakat dan menggarisbawahi yang disampaikan Dubes RI Panama City dan menyatakan acara tersebut menjadi saksi atas hubungan diplomatik yang sangat erat antara Indonesia dan Panama. “Bagaimanapun kedua negara bersaudara memahami pentingnya menjaga sungai, laut, pantai dan laut, serta lingkungan secara umum, karena pencemaran dan perubahan iklim juga mempengaruhi orang-orang di seluruh dunia,” ujar Eric Castillo.

Kegiatan bersih pantai itu berhasil mengumpulkan sekitar 1,5 ton sampah dari Pantai Panama Viejo. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama peserta dengan KBRI Panama City.

Pada kegiatan tersebut, para pesera sangat mengapresiasi inisiasi kegiatan bersih pantai. Selain itu, mereka juga turut mengucapkan selamat atas HUT ke-77 RI.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1917 seconds (11.252#12.26)