4 Fakta Tank Jan Cox Stuart M5A1 Andalan Belanda

Minggu, 28 Agustus 2022 - 19:14 WIB
loading...
4 Fakta Tank Jan Cox Stuart M5A1 Andalan Belanda
Foto tank andalan Belanda yang bertuliskan Jan Cox di salah satu bagiannya. FOTO/TWITTER/IST
A A A
JAKARTA - Fakta tank Jan Cox Stuart M5A1 andalan Belanda akan dibahas dalam ulasan ini. Beberapa waktu lalu viral sebuah foto yang menunjukan tank Belanda bertuliskan Jan Cox di salah satu bagiannya.

Foto ini menarik perhatian netizen lantaran ada kata 'Jan Cox' di tank tersebut. Kata ini dikenal luas oleh masyarakat sebagai kata umpatan yang khas di salah satu daerah di Indonesia. Sebagian bahkan ada yang mengasumsikan tank tersebut sebagai asal mula kata 'Jancok'.

Namun, tetap saja tidak ada bukti yang kuat mengenai kaitan tersebut. Berikut ini beberapa fakta tank Jan Cox Stuart M5A1 andalan Belanda yang perlu diketahui.



1. Namanya adalah tank Stuart M5A1
Dikutip dari laman Indo Militer, tank bertuliskan Jan Cox tersebut identik dengan tank ringan M3 Stuart. Dari sekian jenisnya, tank tersebut cukup mirip dengan varian M51A.

Karakteristiknya mirip dengan tank Sherman pada bagian depannya. Hal ini berbeda dengan varian lainnya yang memiliki jendela baja di bagian mukanya.

2. Tank Buatan Amerika
Tank Stuart M5A1 merupakan hasil rancangan Amerika. Dikutip dari laman Tanks Encyclopedia, jenis ini merupakan bagian dari tank ringan Amerika yaitu M5 Stuart.

Adapun M5A1 adalah versi produksi kedua dari M5. Perbedaannya terlihat pada model turret M3A3 yang diperluas lagi. Pada 24 September 1942, M5A1 kembali dimodernisasi dan ditunjuk menggantikan M5 di pabrik Cadillac, Detroit.

3. Jan Cox Merupakan Nama Seorang Pelukis asal Belanda
Tulisan Jan Cox pada tank M5A1 tersebut menimbulkan banyak pertanyaan. Namun, ada beberapa sumber yang menyebut bahwa Jan Cox ternyata nama seorang seniman lukis asal Belanda.

Pria kelahiran Den Haag 27 Agustus 1919 itu diketahui memiliki garis keturunan Belanda-Belgia. Sebagian besar hidupnya sebagai seniman dihabiskan di Amerika Serikat dan Belgia.

4. Spesifikasi tank Jan Cox Stuart M5A1
Dikutip dari laman American GI Museum, M5A1 Stuart dibekali mesin 2x Cadillac V8 dengan daya 148 HP. Kecepatannya diperkirakan mencapai 58 km/h.

Dari segi dimensinya, Stuart M5A1 memiliki panjang 4,84 meter, lebar 2,29 meter, tinggi 2,57 meter, serta berat yang diperkirakan mencapai 14,7 ton. Dengan kapasitas awak sebanyak 4 orang, tank ini dipersenjatai kanon kaliber 37 mm dan machine gun.

Demikian ulasan mengenai fakta tank Jan Cox Stuart M5A1 andalan Belanda.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1872 seconds (11.97#12.26)