Ernest Douwes Dekker, Keturunan Eropa yang Gigih Perjuangkan Kemerdekaan Indonesia

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 13:50 WIB
loading...
A A A
Douwes Dekker juga membangun School Vereeniging Het Ksatrian Instituut atau yang disingkat Ksatrian Institut. Sayangnya, dia harus terkena larangan mengajar karena menulis sebuah materi sejarah antikolonialisme. Tidak cukup sampai di situ, ia kemudian ditangkap dan diasingkan ke Suriname oleh pemerintah Belanda pada 1941 karena tuduhan kaki tangan Jepang.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Ernest Douwes Dekker pulang ke Indonesia dan kembali mengabdikan diri untuk Tanah Air. Dalam Kabinet Syahrir III, ia diangkat menjadi Menteri Negara dan juga sebagai penasihat delegasi RI dalam perundingan-perundingan dengan Belanda

Namun, lagi-lagi ia kembali ditangkap Belanda karena Agresi Militer II. Setelah bebas, Ernest Douwes Dekker menetap di Bandung hingga akhir hayatnya. Ia meninggal pada 28 Agustus 1950 dan dimakamkan di TMPN Cikutra Bandung.

Atas jasa-jasa dan perjuangannya, Ernest Douwes Dekker ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada tahun 1961, berdasarkan SK Nomor 590 Tahun 1961, tertanggal 9 November 1961.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)