Survei: Sentimen Positif Prabowo Menguat Pascadeklarasi Maju sebagai Capres 2024!

Rabu, 24 Agustus 2022 - 20:28 WIB
loading...
Survei: Sentimen Positif Prabowo Menguat Pascadeklarasi Maju sebagai Capres 2024!
Sentimen positif terhadap Prabowo Subianto menguat pascapernyataan kesiapannya maju sebagai capres 2024 belum lama ini. Hal tersebut berdasar hasil survei Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS).
A A A
JAKARTA - Sentimen positif terhadap Prabowo Subianto menguat pascapernyataan kesiapannya maju sebagai capres 2024 belum lama ini. Hal tersebut berdasar hasil survei yang dilakukan Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS) yang dirilis Rabu (24/8/2022).

Riset MIPOS kali ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan natural language processing (NLP) untuk mengekstraksi opini warganet (netizen) dalam bentuk teks. Metode ekstraksi opini dilakukan dengan teknik knowledge discovery in database (KDD).

Berdasarkan hasil analisis MIPOS, pasca Prabowo nyatakan siap maju sebagai capres 2024 dan deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya antara Gerindra dan PKB, terjadi penguatan sentimen positif terhadap Prabowo sebagai capres serta Partai Gerindra dan PKB sebagai calon peserta Pemilu 2024.

"Khusus tentang Prabowo, sebanyak 35,41% warganet yang mempercakapkan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut cenderung menyampaikan ujaran positif," ujar Peneliti Senior MIPOS Ibnu Hanif Fadillah.



Sementara itu, hanya 2,43% yang menyampaikan ujaran negatif dan 62,16% percakapan cenderung bersifat netral. Di bawah Prabowo, nama capres yang juga memperoleh sentimen positif cukup signifikan dari publik adalah Ganjar Pranowo, yakni sebesar 25,03%. Namun, sentimen negatif terhadap Gubernur Jawa Tengah tersebut tergolong tinggi (7,94%),

Seperti halnya Anies Baswedan yang memperoleh sentimen negatif sebesar 10,95%. Adapun, sentimen positif terhadap Gubernur DKI itu hanya sebesar 18,96%.

Mengacu pada hasil riset MIPOS sebelumnya, yakni pada April 2022, sentimen positif dari publik terhadap Prabowo ini semakin menguat, sementara sentimen negatifnya semakin menurun. Saat itu, Prabowo memperoleh sentimen positif dari warganet sebesar 25,40% dan sentimen negatif sebesar 12,40%.

"Berdasarkan analisis MIPOS, menguatnya sentimen positif terhadap Prabowo terkait sangat signifikan dengan event deklarasi kesiapan Ketua Umum Partai Gerindra itu maju dalam kontestasi Pilpres 2024," ujar Ibnu Hanif.

Dengan adanya deklarasi dari Prabowo maju sebagai capres 2024, Ibnu mengatakan, para pendukungnya kini semakin mantap terhadap tokoh pilihannya. "Inilah salah satu faktor yang membuat sentimen positif terhadap Prabowo semakin menguat, di samping faktor sinyal dukungan yang akhir-akhir ini sering diperlihatkan oleh Presiden Jokowi," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)