Jokowi Minta Menkes Segera Siapkan Vaksin Cacar Monyet

Selasa, 23 Agustus 2022 - 11:32 WIB
loading...
Jokowi Minta Menkes Segera Siapkan Vaksin Cacar Monyet
Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyiapkan vaksin untuk penyakit cacar monyet. FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Menteri Kesehatan ( Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan vaksin untuk penyakit cacar monyet. Penyakit monkeypox ini diketahui telah ditemukan di Indonesia.

"Ya sudah saya perintahkan kepada Menkes. Yang pertama urusan vaksin segera," kata Jokowi kepada wartawan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022).

Jokowi juga meminta agar bandara dan pelabuhan sebagai pintu masuk warga negara asing untuk diperketat pengecekan dan penjagaannya.



"Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi, kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita, betul-betul dicek secara ketat," kata Jokowi.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap kasus pertama cacar monyet di Indonesia berasal dari Jakarta. Kasus ini dialami pria berusia 27 tahun yang memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Konfirmasi kasus cacar monyet ini didasari pada tes PCR pasien yang menunjukkan hasil positif. Pasien kini dalam pemantauan tim medis dan menjalani perawatan di rumah atau isolasi mandiri.

Baca juga: Pasien Terkonfirmasi Cacar Monyet di Jakarta Ternyata Tinggal di Indekos

"Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet berasal dari DKI Jakarta. Dia laki-laki berusia 27 tahun," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril saat konferensi pers virtual, Sabtu (20/8/2022).
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3770 seconds (11.210#12.26)