Nasdem Pamitan untuk 2024, Apakah Berimbas pada Posisi Menterinya di Kabinet?

Senin, 22 Agustus 2022 - 07:30 WIB
loading...
Nasdem Pamitan untuk 2024, Apakah Berimbas pada Posisi Menterinya di Kabinet?
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (19/8/2022) disebut sebagai pamitnya Nasdem yang akan beda haluan di Pilpres 2024. Lalu, apakah hal ini akan berimbas pada posisi menteri Nasdem di Kabinet Indonesia Maju?

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago berpandangan, Jokowi tidak akan bersikap reaktif terkait dengan sikap Nasdem ini jika memang benar demikian. "Saya pikir enggak semudah itu Jokowi berpikir, terlalu reaksioner Jokowi kalau hanya soal beda haluan Jokowi 2024 dengan Surya Paloh, lalu kader menteri Nasdem akan ditendang di kabinet, terlalu prematur dan terlalu subuh cara mengambil kesimpulan," kata Pangi saat dihubungi, Senin (22/8/2022).

Pangi menjelaskan, alasan lainnya yakni kader Nasdem yang menjadi menteri hari ini juga tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2024. Jadi, apakah Nasdem mau beda haluan atau sama dengan Jokowi, jatah menteri sekarang adalah hasil kerja keras Nasdem sebagai partai pengusung utama Presiden Jokowi sejak Pemilu 2014 dan 2019.





"Jadi enggak semudah itu Jokowi berpikir untuk menendang menteri dari kader Nasdem," imbuhnya.

Pangi pun meyakini bahwa Jokowi adalah presiden yang tahu diri dan pandai berterima kasih. Jadi rasanya tidak mungkin jika Jokowi ingin ribut dengan partai pengusungnya di Pilpres 2019, hanya karena beda haluan di Pilpres 2024, karena memang itu dua kompetisi pilpres yang berbeda. Apalagi, selama ini Jokowi lebih mengedepankan stabilitas politik dalam pemerintahannya.

"Menurut saya enggak semudah itu Jokowi mau ngajak ribut sama kader menteri dari parpol, stabilitas politik itu bagi Jokowi hal yang utama, mengurangi menteri parpol, itu sama saja Jokowi ngajak berantem sama partai pengusungnya dulu," terang Pangi.

"Jokowi dari dulu juga sudah maklum dan memahami peta jalan Surya Paloh 2024. Bisa sejalan atau bisa saja tidak sejalan dengan Jokowi soal dukungan presiden 2024," tambahnya.

Soal apakah Nasdem kian jelas akan mengusung Anies Baswedan, menurut Pangi, hal itu masih bisa diperdebatkan. Jika pamit lalu Nasdem otomatis mendukung Anies, itu masih harus dibuktikan dalam perjalanan waktu. Yang pasti akan ada banyak kejutan di injury time atau detik-detik akhir penentuan.

"Politik itu justru yang menentukan adalah detik-detik terakhir. Pamit juga belum ada jaminan bahwa Nasdem dipastikan dukung Anies, pamit tersebut juga tidak ada jaminan bahwa Jokowi nanti bakal mendukung Anies," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2616 seconds (0.1#10.140)