alexametrics

PDIP Sebut Ajaran Bung Karno Relevan Hadapi Krisis Covid-19

loading...
PDIP Sebut Ajaran Bung Karno Relevan Hadapi Krisis Covid-19
Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat. Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh
A+ A-
JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)Djarot Saiful Hidayat menganggap ajaran dan gagasan Proklamator, Soekarno sangat relevan dengan kondisi saat ini, yakni saat krisis virus Corona (Covid-19).

Menurut dia, nilai-nilai dan falsafah yang terkandung dalam Pancasila mampu menjadi benteng pertahanan bangsa dalam menghadapi wabah tersebut.

Di dalam kondisi Covid ini, kata dia, peringatan Bulan Bung Karno tetap dijalankan dan sangat terasa sekali. Ternyata ajaran Bung Karno nyata-nyata sangat dibutuhkan bagi bangsa Indonesia.



"Semangat kebersamaan, solidaritas, gotong royong, religiositas, musyawarah untuk mufakat, nilai-nilai kemanusiaan yang welas asih dan keadilan sosial mutlak diterjemahkan dalam bentuk regulasi kebijakan," kata Djarot saat menjadi pembicara dalam Webinar Nasional IV BBK 2020 dengan tema Politik Kesehatan Berdikari yang digelar Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat PDIP, Selasa (30/6/2020).(Baca juga: Soal Reshuffle, PDIP Yakin Presiden Punya Pertimbangan Politik dan Strategis)

Djarot meyakini, apabila semua anak bangsa mau menyelami dan menerapkan ajaran Bung Karno maka terjadi sinergi yang apik antar elemen bangsa. Dia pun merasa bersyukur, karena Pancasila, Indonesia memiliki modal yang kuat untuk menghadapi pelbagai tantangan ke depan.

"Bahkan bagi warga dunia, kita bersyukur dianugerahi Pancasila yang digali oleh Bung Karno dari bumi Indonesia sebagai bekal untuk mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. Sebuah nilai yang tidak lekang oleh zaman dan teruji dalam perjuangan bangsa Indonesia. Jangan pernah sia-siakan, apalagi meninggalkan nilai-nilai Pancasila yang sudah digali Bung Karno dan dipersembahkan kepada bangsa Indonesia," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menuturkan, peringatan Bulan Bung Karno hampir memasuki ujungnya. Rangkaian acaranya dilakukan dengan berbagai cara. Yaitu dengan diskusi webinar dan perlombaan, yang diselenggarakan dari pusat hingga daerah.

Djarot mengharapkan acara ini bisa mengaktualisasikan gagasan dan ide Bung Karno secara kekinian. Harapannya, kata Djarot, agar ajaran dan gagasan Bung Karno terus diingat oleh generasi saat ini dan menghilangkan kesalahan penafsiran.

"Ibu Megawati menginginkan peringatan Bulan Bung Karno di tengah pandemi Covid-19 ini ditunjukkan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri. Sekali lagi berdiri di atas kaki sendiri. Dari pandemi ini, bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan," kata Djarot.

Dalam webinar ini, hadir juga Ketua DPR Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Menkes Letjen (Purn) TNI Terawan Agus Putranto, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak