Merdeka dalam Pangan

Selasa, 16 Agustus 2022 - 17:04 WIB
loading...
Merdeka dalam Pangan
Andri Hendrizal (Foto: Ist)
A A A
Andri Hendrizal
Dosen dan Peneliti di Universitas Riau

PRESIDEN Joko Widodo sudah beberapa kali memperingatkan tentang ancaman krisis pangan. Ini merupakan bentuk kasih sayang seorang pemimpin kepada bangsanya. Seperti orang tua yang memperingatkan anaknya untuk berhati-hati ketika berlari. Tentu agar tidak jatuh dan akhirnya terluka.

Peringatan tentang krisis pangan yang disampaikan seorang pemimpin negara tentu bukan untuk menakut-nakuti. Namun lebih ke arah mengajak seluruh elemen bangsa untuk ikut serta mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan yang buruk. Ajakan itu ditujukan kepada menteri di kabinet, pimpinan daerah, akademisi, hingga masyarakat umum secara luas. Sebuah ajakan yang baik, apalagi dalam momentum peringatan 77 tahun kemerdekaan, agar bangsa ini bisa merdeka pula di bidang pangan.

Merdeka di bidang pangan membutuhkan kerja sama berbagai pihak untuk mulai menyelesaikan berbagai masalah. Banyak masalah yang terkait pangan yang perlu perhatian segera. Beberapa mungkin bersifat jangka panjang dan kompleks, namun harus segera diberi perhatian.

Di bidang pertanian, isu yang perlu mendapatkan perhatian terkait kurangnya minat generasi muda untuk terjun ke dunia pertanian dan masalah iklim. Generasi muda kita tidak lagi menunjukkan minat untuk terjun ke dunia pertanian. Dunia pertanian erat kaitannya dengan berpanas-panasan, mengotori tangan dan pakaian, serta beberapa stigma lain yang mungkin tidak menarik bagi generasi muda. Hilangnya minat generasi muda untuk memajukan pertanian akan menjadi sebuah kemunduran bagi dunia pertanian secara umum. Ide inovatif dan semangat baru dari generasi muda jelas akan memberikan banyak hal positif bagi dunia pertanian.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memiliki sebuah program yang menarik terkait hal ini. Petani Milenial. Sebuah program pendampingan dan pelatihan bidang pertanian kepada generasi muda untuk ikut berkontribusi pada bidang pertanian, khususnya di Jawa Barat. Dikutip dari Sindonews, program ini memberikan pelatihan, anggaran, lahan, teknologi pertanian hingga pemasaran (Sindonews.com, 25/03/2022). Program ini patut diapresiasi dan bisa dijadikan contoh bagi daerah lain di Indonesia.

Kedua, dukungan kepada petani. Para petani di Indonesia sudah cukup kesulitan dengan perubahan iklim yang tidak bisa dilawan. Perubahan musim tanam, cuaca yang tidak menentu, hingga berbagai faktor lain seperti keberadaan hama dan kekurangan air. Dukungan berupa kemudahan mencari bibit, ketersediaan pupuk dan akses ke perbankan yang tidak memadai akan menambah beban para petani. Beban ini mungkin malah akan membuat petani beralih profesi dan memilih menjual lahannya. Makin berkurangnya lahan produktif tentu bukan hal yang positif bagi pertanian Indonesia secara umum.

Ketiga, peran aktif pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengembangan potensi pangan lokal di daerah masing-masing. Indonesia yang kaya dengan sumberdaya alam, memiliki potensi pangan alternatif seperti ubi jalar, jagung dan singkong. Berbagai pangan alternatif tersebut memiliki nilai gizi yang setara dengan beras. Peran aktif pemerintah daerah dalam mendorong penggunaan pangan alternatif menjadi penting dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah.

Selain diberkahi dengan daratan yang luas, negara Indonesia juga diberkahi dengan sumber daya perikanan yang memiliki potensi luas. Bidang perikanan, baik perikanan darat maupun laut menjadi sektor yang patut untuk dikembangkan. Berbagai studi menunjukkan bahwa ikan memberikan berbagai gizi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun mental. Pengembangan suaka-suaka produksi perikanan di berbagai danau yang ada di Indonesia, adalah sebuah upaya penting dalam menjaga sumberdaya perikanan. Penetapan zonasi penangkapan ikan dan pembatasan ukuran serta jenis alat tangkap, bukan bermaksud untuk mengurangi jumlah tangkapan nelayan. Namun memberikan waktu pulih dan menjaga stok sumberdaya perikanan.

Beberapa perusahaan teknologi belakangan mulai melirik sektor perikanan. Sebut saja misalnya eFishery yang berupaya membantu pembudidaya ikan dan udang dalam pengembangan usaha melalui pemberian pakan otomatis. Jala Tech yang menghadirkan teknologi pemantauan kualitas air dan estimasi hasil budidaya. Kemudian Aruna yang membantu memperkuat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan nelayan melalui penyaluran produk perikanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)