Sejumlah Temuan Komnas HAM dari TKP Rumah Dinas Ferdy Sambo

Senin, 15 Agustus 2022 - 22:24 WIB
loading...
Sejumlah Temuan Komnas HAM dari TKP Rumah Dinas Ferdy Sambo
Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan, timnya memeriksa terkait kejadian penembakan Brigadir J. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah rampung memantau rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo. Diketahui, rumah dinas itu merupakan TKP tewasnya Brigadir J alias Nopriansyah Yosua Hutabarat.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara membeberkan sejumlah temuan di TKP tewasnya Brigadir J. Di sana, Komnas HAM mengonfirmasi sejumlah data dan informasi terkait insiden tewasnya Brigadir J.

"Kami melihat langsung bagaimana kondisi tumah dan juga apa ya denah ya, konstruksi rumah yang mengonfirmasi banyak data dan info yang sudah kami dapatkan selama ini, baik keterangan adc, foto, maupun juga percakapan lewat siber balistik," kata Beka saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Baca juga: Ferdy Sambo Akan Diperiksa Soal Pelanggaran HAM

Tak hanya itu, Beka juga menyampaikan, pihaknya juga menggali perihal lintasan peluru dengan posisi Brigadir J saat dieksekusi. "Kemudian posisi orang lain, pada saat kejadian," terang Beka.

"Ditanyakan bagaimana prosesnya, jumlah peluru ada yang nembus dinding dan sebagainya termasuk mengonfirmasi hasil autopsi RS Polri pada saat pertama diautopsi Brigadir J itu dari TKP akan dilanjutkan pemeriksaan Bharada E di Bareskrim," tandas Beka.

Baca juga: Ini Alasan Kapolri Copot Irjen Ferdy Sambo

Dalam kasus itu, Polri telah menetapkan empat tersangka kasus penembakan Brigadir J. Mereka adalah Irjen Pol Ferdy Sambo, Bharada E, asisten rumah tangga sekaligus sopir Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal.

Polri memastikan, tidak ada peristiwa tembak-menembak. Faktanya adalah, Bharada E disuruh menembak Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo pun diduga memainkan perannya sebagai pihak yang melakukan skenario agar kasus Brigadir J muncul ke publik dengan isu baku tembak.

Dalam hal ini, Ferdy Sambo menembak dinding di lokasi kejadian dengan pistol milik Brigadir J agar seolah-olah itu merupakan tembak menembak.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1549 seconds (10.55#12.26)