BMKG Tegaskan Komitmen Siap Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

Selasa, 09 Agustus 2022 - 21:45 WIB
loading...
BMKG Tegaskan Komitmen Siap Perkuat Ketahanan Pangan Nasional
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menegaskan lembaga yang dipimpinnya siap mengawal dan memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan nasional. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) , Dwikorita Karnawati menegaskan lembaga yang dipimpinnya siap mengawal dan memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

Dengan seluruh sumber daya yang dimiliki, kata dia, BMKG juga akan terus berupaya meningkatkan layanan informasi cuaca dan iklim baik untuk kepentingan publik dan multi sektor, serta untuk kepentingan pengguna secara khusus atau customised, guna mendorong peningkatan daya saing komoditas pertanian yang berkelanjutan.

Harapannya, ke depan kontribusi sektor pertanian terhadap pendapatan nasional dapat terus meningkat, melalui smart farming ataupun smart fishing yang memanfaatkan digital platform INFO BMKG.

Hal tersebut disampaikan Dwikorita dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) “Peran Info BMKG dalam Mendukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional” yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (8/8/2022).

Hadir dalam acara yang merupakan rangkaian peringatan Hari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (HMKG) ke-75 tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Dwikorita menyebut perubahan Iklim telah berada pada batas kondisi kritis yang akan menjadi tantangan besar bagi Indonesia. Berbagai kejadian ekstrem dan bencana hidrometeorologi mengakibatkan aktivitas pertanian dan perikanan semakin rentan terganggu, gagal dan bahkan mengancam produktivitas hasil panen dan tangkap ikan, serta mengancam keselamatan para petani dan nelayan.

"Situasi ini dikhawatirkan mengancam terhadap ketahanan pangan dapat berakibat pula pada terganggunya kedaulatan pangan," ujarnya dikutip, Selasa (9/8/2022).

Untuk menghadapi hal tersebut, lanjut Dwikorita, sejumlah jurus diterapkan BMKG. Pertama, dengan penyiapan sumber daya manusia yang unggul melalui berbagai program tugas belajar ke jenjang S3, juga training/pelatihan, magang atau internship.

Kedua, penggunaan teknologi yang canggih dengan memanfaatkan satelit cuaca resolusi tinggi, radar cuaca, berbagai peralatan observasi terkini yang dilengkapi dengan big data dan artificial inteligent (AI) dalam melakukan analitik, pemodelan, prakiraan, prediksi dan proyeksi. Ketiga, media komunikasi multiplatform terkini.

Dwikorita menuturkan untuk menyebarluaskan informasi cuaca, iklim, gempa bumi, dan tsunami agar mudah dipahami dan diterapkan, BMKG terus menggalakkan edukasi dan literasi untuk masyarakat dan pengguna informasi tersebut. Bahkan, secara berkelanjutan sejak tahun 2011 BMKG menggelar Sekolah Lapang Iklim (SLI) agar petani dan tenaga penyuluh pertanian bisa memanfaatkan informasi dan prakiraan cuaca dengan baik serta mampu beradaptasi dengan situasi cuaca dan iklim kekinian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)