Komnas HAM Temukan Foto dan Chat dari 10 HP Terkait Brigadir J

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 20:07 WIB
loading...
Komnas HAM Temukan Foto dan Chat dari 10 HP Terkait Brigadir J
Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan telah menemukan foto dan chat dari 10 ponsel yang diperiksa terkait Brigadir J. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komnas HAM meminta keterangan Tim Siber dan Tim Khusus Polri terkait tewasnya Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo atau Brigadir J.

"Hari ini kami meminta keterangan dari Tim Siber dan juga Timsus terkait dengan komunikasi yang didapatkan melalui handphone,"kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Selama empat jam lebih, Komnas HAM meminta keterangan terkait data-data dari 15 handphone yang dikumpulkan Tim Siber. Dari 15 handphone, 10 handphone telah diperiksa dan lima lainnya sedang dianalisis.



"Sebanyak 15 handphone dan kemudian sepuluh sudah diperiksa, lima sedang dianalisa. Jadi sepuluh sudah diperiksa, lima sedang dianalisis atau diproses,"ujar dia.

Pada saat penyelidikan, Komnas HAM kata Beka menemukan foto hingga chat pada 10 dari 15 HP yang ditunjukkan Tim Siber Mabes Polri. Serta sejumlah dokumen administratif atas kasus kematian Brigadir J.



"Terus kemudian apa saja kira-kira yang tadi kita atau kami mintai keterangan. Jadi yang kami dapatkan terkait foto, kemudian dokumen, kontak, akun, percakapan chat, dan temuan digital lainnya,"ujar dia.

Bahkan, Komnas HAM juga mendapatkan sejumlah bahan dasar mengenai percakapan dalam handphone tersebut. Kini bahan dasar itu sedang dianalisa oleh tim Komnas.

"Penutup proses permintaan keterangan, kami mendapat sejumlah raw material jadi bahan-bahan dasar soal percakapan dan yang lain sebagainya. Itu akan kami analisa lebih lanjut,"tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)