HUT ke-10 Forum Pemred, Menko Airlangga Bicara tentang Pertumbuhan Ekonomi

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 19:25 WIB
loading...
A A A
Airlangga menjabarkan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah di tengah krisis yang mendera, di mana salah satu prioritas utama pemerintah adalah bagaimana masyarakat tetap sehat.

Oleh karena itu, katanya, anggaran untuk kesehatan, perlindungan rakyat sangat tinggi. "Kesehatan menjadi penting. Kepala rumah tangga sakit, keluarganya bisa miskin," ujarnya.

Anggaran untuk kesehatan selama 3 tahun ini mencapai Rp1.700 triliun. Langkah-langkah lainnya, menjaga daya beli masyarakat, utamanya menghindari inflasi. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong subsidi energi.

"Pemerintah juga mendorong prinsip Government to Public atau GtP, misalnya melalui kartu prakerja," turut Airlangga.

"Pemerintah juga terus mendorong inovasi-inovasi mengenai sumber daya manusia, dan Indonesia masuk dalam bonus demografi, di mana 191 juta penduduk akan terus produktif di tahun 2025-2035. Kalau kita ketinggalan kereta kita tidak akan sejahtera sebelum kita tua. Kita harus sejahtera saat kita menjadi tua," paparnya.

Di bagian akhir paparannya, Airlangga menyebut tentang pentingnya persatuan. Dalam kaitan itu, Airlangga yang juga diamanahkan sebagai Ketua Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) mengapresiasi apa yang dilakukan Forum Pemred dengan mengundang tokoh-tokoh politik.

"Pembangunan harus dilandasi politik persatuan, kita dipersatukan oleh partai politik," katanya.

"Kita harus terus mengembangkan yang namanya Indonesia Sehat. Sehat manusianya, sehat ekonominya, sehat buminya," papar Airlangga.

Selain Airlangga, Forum Pemred mengundang sembilan tokoh lain yang selama ini diramaikan akan tampil dalam kontestasi politik akbar di tahun 2024, yakni sebagai calon presiden atau wakil presiden, yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Airlangga Hartarto, Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno.

Acara ini diawali sambutan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo.cMasing-masing tokoh yang diundang menyampaikan gagasan dan solusi yang perlu diambil dalam menyelesaikan masalah bangsa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3450 seconds (11.210#12.26)