Situs Pemerintahan yang Pernah Diretas

Kamis, 04 Agustus 2022 - 15:43 WIB
loading...
A A A
Selain itu, fitur pencarian atau search menghilang. Peretas juga berpesan kepada Kemenkominfo untuk membuat aplikasi yang benar dan aman terlebih dahulu baru meminta penyelenggara sistem elektronik untuk mendaftar.

3. Pemerintah Kabupaten Indramayu

Website kedinasan Kabupaten Indramayu diretas. Pada Mei 2022, setidaknya terdapat 4 website milik pemerintah daerah yang diretas. Empat website tersebut antara lain indramayukab.go.id, kemudian dinkes.indramayukab.go.id. Selain itu, dinsos.indramayukab.go.id, dan disdukcapil.indramayukab.go.id.

Pada tampilan webiste ketika diretas, muncul gambar anime. Pada bagian gambar terdapat tulisan “galaucrew1337” di bagian atas. Sedangkan di bagian bawah gambar terdapat tulisan “Hacked By AstarGanz”. Peretas juga menuliskan sebuah pesan “Dunia Ini Kejam Tapi Dunia Ini Juga Indah Saat Aku Bersamamu (Shikimori).”

4. Pemerintah Kabupaten Trenggalek

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek Edif Hayunan Siswanto mengatakan, terdapat lebih dari 60 laman resmi dinas/lembaga, termasuk website Pemkab Trenggalek, diretas. Peretasan ini terjadi ketika ramai aksi penolakan wacana penundaan pemilu serta perpanjangan masa jabatan presiden pada April 2022.

Tampilan halaman depan website berubah dan berganti foto sekelompok remaja yang membawakan poster bertuliskan “hanya orang gila yang menganggap negara ini baik-baik saja !!!”. Aksi peretasan sempat membuat sistem informasi Pemkab Trenggalek mengalami gangguan.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)