Situs Pemerintahan yang Pernah Diretas

Kamis, 04 Agustus 2022 - 15:43 WIB
loading...
Situs Pemerintahan yang Pernah Diretas
Data Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII) 2017 menyebut situs pemerintahan menjadi situs yang paling sering diretas. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Situs pemerintahan masih kerap mengalami peretasan . Berdasarkan data Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII) 2017, situs pemerintahan menjadi situs yang paling sering diserang.

Berikut beberapa situs pemerintahan yang pernah diretas:

1. Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut

Situs resmi Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut pada laman kejari-garut.go.id diretas oleh orang tak dikenal pada Rabu (3/8/2022). Aksi peretasan ini juga dibahas akun Twitter @kripikripik. Akun tersebut menggunggah beberapa tangkapan layar. Pada tangkapan layar pertama terdapat tulisan selamat datang di Negeri Wakanda yang tertulis di halaman utama website.



Lalu terdapat sejumlah foto Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo dan sang istri, Putri Candrawati, serta foto jenazah Brigadir J. Kemudian pada tangkapan layar berikutnya terdapat tulisan Save Brigadir Josua hingga tulisan Bubarkan Satgassus Merah Putih. Kasus peretasan ini telah ditangani oleh tim siber Polres Garut.

Hingga Kamis (4/8/2022) pukul 12.54 WIB, laman kejari-garut.go.id belum dapat diakses dan terdapat tulis This Website Has Been Suspended.

2. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Pada Juli 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan pendaftaran penyelenggaraan sistem elektronik (PSE) pernah mengalami peretasan.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, peretasan menyerang laman yang berisi daftar PSE yang sudah melakukan pendaftaran. Akibatnya, situs PSE yang dapat digunakan untuk melihat apa saja PSE lingkup privat yang sudah mendaftar tidak dapat dibuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)