Ini 7 Senjata Api Paling Populer yang Digunakan Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:56 WIB
loading...
A A A
5. Sten Gun

Inisiatif Inggris pada perang Dunia II melahirkan senjata ini. Pembuatan senapan ini dilakukan di berbagai tempat yaitu, kanada, Australia dan Amerika Serikat pada tahun 1941.

Senjata ini bisa dibilang mudah dibuat, bahkan pabrik rumahan juga bisa membuatnya. Dibuat dengan kaliber 9x19mm Parabellum sehingga mudah untuk dirawat. Sayangnya jangkauan tembak senjata ini terbilang pendek.

Pada awal kedatangan Inggris ke Indonesia, pejuang Indonesia sempat merampasnya untuk digunakan dalam melindungi diri dan melawan penjajah.

6. LE (Lee Enfield)

Bisa dibilang senapan ini merupakan senapan yang paling sukses pada masa itu. Senjata ini pertama kali diproduksi pada tahun 1895 dengan kaliber 0.303 dan sistem bolt action.

Senapan ini dirancang oleh James Paris Lee bersama RSAF ( Royal Small Arms Factory : pabrik senjata Inggris ) produksinya diperluas ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada hingga India dan terdapat sekitar 17 juta jenis senapan.

Perampasan senjata oleh pejuang Indonesia dari Belanda dan Inggris membuatnya mendapatkan senapan berkualitas ini.

7. Type 92 heavy machine gun

Pada tahun 1932 Jepang memproduksi senjata bertipe 92 7.7x58SR heavy machine gun Type 92 untuk menembakkan nya. Selain itu senjata ini juga dilengkapi dengan tripod tipe infanteri padat dengan mekanisme traverse dan elevasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)