Ini 7 Senjata Api Paling Populer yang Digunakan Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:56 WIB
loading...
Ini 7 Senjata Api Paling Populer yang Digunakan Pejuang Kemerdekaan Indonesia
Sedikitnya ada tujuh senjata api paling populer yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh senjata api paling populer yang digunakan para pejuang kemerdekaan . Senjata tersebut rata-rata di dapat dari hasil perampasan .

Pada masa sebelum kemerdekaan para tentara Indonesia awalnya hanya menggunakan senjata sederhana dan apa adanya karena senjata api saat itu belum banyak terdapat di Tanah Air.

Baca juga : Renungan Peringatan Kemerdekaan

Untuk itu para tentara ini harus pintar guna mengimbangi senjata tentara kolonial. Perampasan senjata pun kerap dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan. Sehingga mereka mendapat beberapa senjata api yang bisa digunakan dalam melawan penjajah. Hal ini membuat beberapa senapan sempat populer di era tersebut.

Berikut tujuh senjata api paling populer yang digunakan pejuang kemerdekaan Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. M 1928 Tompson

Seri Thompson SMG pertama kali dirancang pada tahun 1919 oleh Jenderal John Thompson asal Amerika Serikat. Meskipun sempat ditolak oleh negaranya sendiri senjata api ini justru telah diekspor ke berbagai negara Asia seperti Jepang dan China.

Pecahnya Perang Dunia II digunakan oleh pasukan Inggris dan Kanada. M1928 merupakan yang paling populer saat itu. Pada akhirnya senjata ini digunakan Amerika Serikat setelah produksinya mencapai sekitar 2.700.000 model.

Pasukan Indonesia juga sempat menggunakan senjata ini ketika melakukan perampasan senjata dari tentara kolonial Belanda.

2. M1 Garand
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1110 seconds (11.97#12.26)