Mahfud MD Geleng-geleng Ditunjukkan Hasil Visum Brigadir J

Rabu, 03 Agustus 2022 - 18:48 WIB
loading...
Mahfud MD Geleng-geleng Ditunjukkan Hasil Visum Brigadir J
Pengacara Perkumpulan Marga Hutabarat, Pheo Hutabarat mengatakan, Mahfud MD memberikan ekspresi geleng-geleng kepala saat ditunjukkan hasil visum Brigadir J. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD sempat memberikan ekspresi geleng-geleng kepala saat ditunjukkan bukti hasil visum et repertum Brigadir J. Hal ini diungkapkan oleh Pengacara Perkumpulan Marga Hutabarat, Pheo Hutabarat.

Bukti visum et repertum itu, kata Pheo, sempat disampaikan juga oleh Kapolres Jakarta Selatan nonaktif Kombes Budhi Herdi Susianto pada 8 Juli lalu. Pada saat itu, kata Pheo, Budhi mengatakan, hanya ada satu lubang bekas tembakan di tubuh Brigadir J.

"Di situ kita lihat, Pak Menteri juga lihat, dua perkataan bahwa di tubuh jenazah jasad adik saya hanya ditemukan satu lubang di dada. Pak menteri geleng-geleng kepala, saya enggak tahu artinya apa, tapi kalau kita mengatakan ini sudah ada tindakan menutup-nutupi," kata Pheo usai bertemu Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (3/8/2022).



Pheo mengatakan, Marga Hutabarat sengaja menemui Mahfud MD untuk menjelaskan dugaan tindak pidana yang bertujuan untuk menghalangi proses hukum atau obstruction of justice dalam kasus kematian Brigadir J.

Menurutnya, tindak pidana obstruction of justice sebagaimana tertuang dalam Pasal 221 Ayat (1) 2e KUHP juncto Pasal 233 KUHP.

"Yang terlibat di situ apakah ada rekayasa? Kami buktikan apakah ada rekayasa? Kami buktikan. Salah satu permohonan visum repertum dari Kapolres cuma menyebutkan satu luka di dada," jelasnya.

"Yang benar saja? Semua udah tahu sekarang semua autopsi itu udah bukan cuma satu. Nah kita minta ini ada tindakan menutup-nutupi proses hukum enggak? Itu kita duga," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)