Antisipasi Parpol Tak Bisa Isi Sipol, Bawaslu Bolehkan Berkas Pendaftaran Manual

Jum'at, 29 Juli 2022 - 07:52 WIB
loading...
Antisipasi Parpol Tak Bisa Isi Sipol, Bawaslu Bolehkan Berkas Pendaftaran Manual
Bagi partai politik kesulitan mengisi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) bisa membawa berkas pendaftaran secara manual. Hal ini ditegaskan oleh Bawaslu. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Bagi partai politik (parpol) kesulitan mengisi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) bisa membawa berkas pendaftaran secara manual. Hal ini ditegaskan oleh Anggota Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Toto Haryono.

"Nanti kami akan mengingatkan parpol peserta Pemilu agar mereka segera mengisi Sipol tersebut," kata Toto usai diskusi dengan media di Kantor KPU, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (28/7/2022).

"Jadi nanti saat masa pendaftaran selesai tidak ada protes dari mereka. Kita akan mendampingi di verifikasi faktual," tambahnya.



Terkait verifikasi administrasi, Toto menjelaskan, pihaknya mengetahui masih ada sebagian parpol yang sudah terdaftar dalam Sipol ada yang belum mengisi setengah dari berkas yang diperlukan.

"Sipol di bawah 50 persen dari Bawaslu belum bisa membaca kenapa mereka belum melengkapi. Ini kan mau masuk pendaftaran. Upaya cegah kita melakukan peringatan kepada mereka. Jika partai ada mengalami kesulitan, kita minta mereka menggunakan alat bantu untuk dibawa ke KPU," jelas Toto.

Ia juga memastikan, proses pendaftaran dan penyiapan berkas juga bisa dilaksanakan secara manual. "Jadi jangan ada alasan gaptek. Bisa kok pakai manual. Mungkin secara teknologi mereka tidak sampai. Kalau ada laporan temuan kita ingatkan mereka," ungkapnya.



Dikatakan Toto, upaya pencegahan parpol tidak bisa mendaftar karena kesulitan mengisi Sipol juga sudah dilakukan antisipasi oleh Bawaslu semaksimal mungkin.

"Selain itu kalau mereka masih melaporkan kita terima laporan pengaduan mereka dengan bukti formil yang ada. Jangan sampai karena tidak ada akses Sipol mereka tidak bisa ikut Pemilu," tutup Toto Haryono.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)