Waketum Kartini Perindo Bagikan Kiat Terhindar dari Kekerasan Seksual

Jum'at, 29 Juli 2022 - 02:09 WIB
loading...
Waketum Kartini Perindo Bagikan Kiat Terhindar dari Kekerasan Seksual
Wakil Ketua Umum DPP Kartini Perindo, Ratih Purnamasari Gunaevy hadir sebagai narasumber dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Kamis (28/7/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Kartini Perindo , Ratih Purnamasari Gunaevy turut prihatin dengan tingginya angka kasus kekerasan seksual di Indonesia. Untuk itu, ia menyatakan perlu adanya edukasi kepada masyarakat agar terhindar dari kasus yang banyak menimpa kaum perempuan tersebut.

Ia menyebutkan, pakaian tidak bisa dijadikan kambing hitam dalam tingginya kasus yang dimaksud. Menurutnya, pakaian hanyalah sebatas identitas. Baca juga: Kartini Perindo Beri Pelatihan Ekonomi dan Hukum kepada Kaum Perempuan

Meski begitu, ia meminta perempuan Indonesia untuk memahami norma-norma yang berlaku di Indonesia, khususnya tentang berpakaian.

"Kita mau pakai baju yang bagaimana pun itu kita sudah boleh, di sini yang kita tekankan norma dan etikanya," ujar Ratih dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo dengan tema 'Tips Mencegah Pelecehan Seksual di Ruang Publik', Kamis (28/7/2022).

Ia menjelaskan dalam berpakaian harus melihat kepantasan dan menyesuaikan situasi yang ada. Dengan begitu, kita telah menerapkan norma dalam berpakaian.

"Menyesuaikan tempatnya, ya kalau di pantai ya pakai baju pantai kalau kita naik angkot ya pakai pakaian yang sopan," ucapnya.

Dengan menerapkan norma tersebut, merupakan salah satu upaya sebagai meminimalisir timbulnya niat jahat dari orang yang tidak terduga. Selain itu, dengan menyesuaikan pakaian juga sebuah bentuk menghormati diri kita sendiri.

"Jadi betul kita tidak menyalahkan dari berpakaian, tapi alangkah lebih baiknya berawal dari pribadi kita sendiri. Karena kalau kita menyesuaikan bagaimana kita berpakaian itu kita juga menjaga diri kita, kita menghormati diri kita," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)