Komnas HAM Pastikan 7 Ajudan Irjen Ferdy Sambo Diperiksa Hari Ini

Selasa, 26 Juli 2022 - 11:33 WIB
loading...
Komnas HAM Pastikan 7 Ajudan Irjen Ferdy Sambo Diperiksa Hari Ini
Sejumlah ajudan Irjen Ferdy Sambo memenuhi panggilan Komnas HAM untuk diperiksa terkait penembakan Brigadir J oleh Bharada E. FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Komisioner Komnas HAM , Choirul Anam memastikan pihaknya bakal memeriksa seluruh ajudan Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo . Pemeriksaan ini terkait penembakan Brigadir J oleh Bharada E di rumah dinas Ferdy Sambo di Kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7/2022).

"Ya, pemanggilan hari ini memang kami tujukan kepada aide de camp (ADC) Pak Irjen Sambo eks Kadiv Propam, semua ajudannya memang kami minta untuk datang," katanya di Gedung Komnas HAM, Selasa (26/7/2022).

Menurut Anam, sampai saat ini pihaknya telah mendapatkan konfirmasi dari Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto sebagai ketua tim khusus bahwa para ajudan bakal memenuhi panggilan.



"Sampai kemarin kami ngecek, kan kami hubungannya langsung dengan timsus, semua akan dihadirkan di sini," katanya.

Anam menjelaskan alasan pemeriksaan para ajudan Irjen Ferdy Sambo agar pihaknya mendapatkan satu informasi yang penting guna menggambarkan rangkaian peristiwa baku tembak tersebut. "Jadi ADC ini menjadi salah satu pilar utama dalam konstruksi peristiwa dan bagaimana melihat peristiwa kematian Brigadir J ini," katanya.

Untuk diketahui, pemeriksaan ajudan Irjen Ferdy Sambo dilakukan pukul 10.00 WIB. Berdasarkan pantauan MNC Portal di lapangan, satu orang dengan mengenakan kaus putih bergaris biru memasuki kawasan Gedung Komnas HAM sekitar 09.48 WIB terlebih dahulu.

Baca juga: Beberapa Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo Penuhi Panggilan Komnas HAM

Lalu, dia keluar lagi dari gedung sekitar pukul 09.51 WIB guna menjemput ajudan lain di depan gerbang. Setelah itu, tampak rombongan dengan mengenakan kemeja putih dan cokelat memasuki kawasan gedung.

Saat rombongan tiba, mereka langsung masuk ke Gedung Komnas HAM tanpa berbicara. Kedatangan rombongan tersebut juga tanpa pengawalan ketat.

Namun, hingga berita ini dimuat, pihak Komnas HAM belum dapat dikonfirmasi apakah dari rombongan tersebut ada Bharada E atau tidak.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)