Tamasya Intelektual dan Cerita Radikalisme yang Menyertainya

Senin, 25 Juli 2022 - 09:22 WIB
loading...
A A A
Serangan itu memakan korban setidaknya empat puluh sembilan orang yang meninggal dunia. Penulis buku ini menjadi saksi sejarah kala itu, di mana kena imbas atas tragedi kelam itu. Bagaimana tidak panik, jika tragedi itu berupa penyerangan brutal sembari menyiarkan langsung (live streaming) atas aksinya melakukan penembakan di dalam ruang masjid. (hal. 114).

Penulis buku ini mengisahkannya dengan cukup baik. Bagaikan menaiki kereta roller coaster, pembaca dipacu untuk berlari kencang dengan degub nafas terhela-hela. Buku ini memacu adrenalin tinggi untuk terus menikmati setiap halaman per-halaman. Suguhan dari rekam perjalanan ini menjadi pembeda antara buku ini dengan buku catatan perjalanan lainnya. Buku ini dilengkapi dengan kontestasi wacana keagamaan yang mewarnai perjalanan akademik selama di Australia, khususnya di Canberra.

Reflektif-Informatif

Buku berjudul Dari Carbella ke Canberra: Geliat Akademik, Jejaring Intelektual, dan Wacana Keagamaan di Panggung Internasional ini merupakan hasil refleksi dari catatan perjalanan akademis selama berada di Australia. Sebagai buku catatan, tentu berasal dari pengalaman personal, baik yang berhubungan dengan dunia akademik maupun yang berhubungan dengan kehidupan pergaulan sosial selama berada di Australia, khususnya di Canberra.

Buku-buku reflektif semacam ini sangat penting didesiminasikan, selain sebagai pengingat dari penulisnya sendiri, juga dapat bermanfaat kepada pembaca untuk mengetahui seluk beluk kehidupan selama berada di perantauan luar negeri. Model penulisan buku ini juga menggambarkan dengan sangat jelas betapa kebahagiaan akademik itu tercapai saat mampu tampil dalam kegiatan-kegiatan forum akademik bergengsi dengan menjadi pembicara (speaker) di beberapa event internasional.

Tentu, ada perubahan dan pertumbuhan cara pikir, cara bertanya dan cara memecahkan pertanyaan dari para penulis buku ini, pada saat sebelum berinteraksi dengan para akademisi luar negeri. Buku ini dapat mengantarkan pembaca untuk membedakan persentuhan dengan para akademisi luar negeri yang sangat mempengaruhi cara pikir, cara bertanya dan cara mengajukan argumen dengan sangat kritis dan dialektis. Hal itu juga menjadi tambahan informasi bermanfaat dalam buku ini.

Alhasil, buku ini dapat memberikan informasi kepada para pelajar di Indonesia yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di luar negeri, khususnya di Australia. Buku ini sangat relevan untuk dibaca oleh siapapun yang berniat mendalami ilmu pengetahuan dalam tamasya intelektual yang mengasyikkan. Selamat membaca.

Judul : Dari Carbella ke Canberra, Geliat Akademik, Jaringan Intelektual dan Wacana Keagamaan di Panggung Internasional

Penulis : Wildani Hefni & Rizqa Ahmadi

Penerbit : Bildung Yogyakarta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2491 seconds (0.1#10.140)