Jurus Partai Perindo Cegah Politik Uang di Pemilu

Jum'at, 22 Juli 2022 - 18:56 WIB
loading...
Jurus Partai Perindo Cegah Politik Uang di Pemilu
Juru Bicara Nasional Partai Perindo Christophorus Taufik menjadi salah satu narasumber webinar yang bertemakan Moral Hazard di Level Voters. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) menggelar webinar yang bertemakan 'Moral Hazard di Level Voters'. Bagaimana mengatasi politik uang atau money politic di pemilu dibahas lebih dalam pada webinar tersebut.

Dalam webinar tersebut, hadir dua orang narasumber, yakni Juru Bicara Nasional Partai Perindo Christophorus Taufik dan Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia Neni Nur Hayati. Christophorus Taufik atau akrab disapa Chris Taufik menyatakan bahwa Partai Perindo terus berupaya melenyapkan money politic di Indonesia.

Partai Perindo melakukan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dengan sangat terbuka, yakni dengan program yang disebut konvensi rakyat. Ia melanjutkan, dengan sistem tersebut, diharapkan akan tercapai sistem yang transparan.





Menurutnya, transparansi merupakan salah satu unsur yang dapat mencegah money politic. "Kita percaya salah satu untuk mencegah money politic adalah transparansi," kata Chris dalam webinar tersebut, Jumat (22/7/2022).

"Makanya sistem yang kita gelar konvensi rakyat, perekrutan juga dibuka di setiap kantor-kantor DPW, DPD, dan DPC. Tujuannya adalah supaya ada keterbukaan ada transparansi," sambungnya.

Selain itu, nantinya juga akan dilakukan penandatanganan oleh bacaleg yang diterima Perindo terkait memerangi kegiatan money politic. "Setiap caleg yang dari Perindo itu pasti akan menandatangani semacam pernyataan sikap bahwa mereka harus memerangi (money politic), harus menyatakan tidak akan melakukan money politic," ujarnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)