Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Simak Penjelasannya

Jum'at, 22 Juli 2022 - 14:35 WIB
loading...
A A A
Nilai ini merupakan sebuah arahan, kebijakan, sasaran dan lembaga-lembaga pelaksanaanya. Penjabaran dalam nilai instrumental ini lebih dari nilai dasar.

Seperti penjelasan tentang nilai Pancasila dalam UUD 1945, Ketetapan MPR dan peraturan perundang-undangan. Hal ini merupakan penyesuaian dalam pelaksanaan ideologi negara.

Misalnya seperti, GBHN yang selalu disesuaikan dalam rentang lima tahun sekali. Begitu juga aspirasi masyarakat, undang-undang dan lembaga-lembaga pelaksana.

3. Nilai Praksis

Nilai praksis merupakan nilai yang dilaksanakan dalam realitas. Nilai etika dan moral masuk ke dalam nilai praksis pancasila.

Nilai yang merupakan perwujudan dari nilai-nilai instrumental dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ini memperlihatkan Pancasila yang selalu berkembang dan bisa beradaptasi dengan perubahan, bahkan perbaikan sesuai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang tumbuh dalam masyarakat.

Sebagai pribadi bangsa, Pancasila menjadi cerminan mental serta perilaku anak bangsa serta para pemimpin dan negarawan Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi terbuka juga memiliki dimensi yang menunjukkan bahwa keberadaan ideologi ini adalah nyata dan bukanlah sistem ide belaka.

Terdapat 3 dimensi Pancasila sebagai ideologi terbuka, di antaranya :

1. Dimensi Pancasila Idealistas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7744 seconds (0.1#10.140)