Tindak Cepat KKB di Nduga

Rabu, 20 Juli 2022 - 20:07 WIB
loading...
A A A
Proses hukum terhadap para pelaku kekejian jnj juga harus dilakukan transparan agar menimbulkan efek jera sekaligus tidak menyisakan pertanyaan publik, termasuk masyarakat internasional. Upaya mengejar, menangkap, dan mengadili para pelaku bukanlah hal yang sangat sulit. Indonesia memiliki aparat dan seperangkat hukum lengkap yang bisa digunakan untuk menjeratnya.

Melihat begitu kompleksnya persoalan ini, solusi dan respons atas ulah KKB memang harus dilakukan secara hati-hati. Jelas, kekerasan yang KKB lakukan adalah bagian strategi untuk memancing perhatian dunia internasional. Model ini adalah cara taktis mereka membawa isu Papua agar diketahui masyarakat global.

Untuk itu, Indonesia harus mampu mengukur dengan matang sejauhmana pendekatan militer yang bisa dilakukan. Termasuk membentengi agar isu ini tidak sampai merembet hingga ke internasional. Pada saat yang sama, pemerintah Indonesia bersama DPR dan berbagai instansi terkait merumuskan kebijakan terbaik baik rakyat Papua. Pembentukan tiga provinsi baru, yakni Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan adalah sebagai salah satu ikhtiar membuat solusi itu. Namun solusi ini belum jaminan menuntaskan persoalan Papua yang telah sudah menahun. Keseriusan dan ketulusan melaksanakan kebijakan menjadi kuncinya.

Baca Juga: koran-sindo.com
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)