Pahlawan Nasional yang Dimakamkan di TPU Tanah Kusir: Bung Hatta hingga Buya Hamka

Selasa, 19 Juli 2022 - 12:45 WIB
loading...
Pahlawan Nasional yang Dimakamkan di TPU Tanah Kusir: Bung Hatta hingga Buya Hamka
Mohammad Hatta, Abdurrahman Baswedan, Buya Hamka. Foto/Istimewa/direktoratk2krs.kemsos.go.id
A A A
JAKARTA - Sejumlah tokoh bangsa yang bergelar Pahlawan Nasional dimakamkan di TPU Tanah Kusir , Jakarta Selatan. Di antara mereka ada nama Bung Hatta.

Tidak semua tokoh bangsa yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) seperti TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Ada juga di antara mereka yang dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU), misalnya di TPU Tanah Kusir.

Dari sejumlah Pahlawan Nasional yang dimakamkan di TPU Tanah Kusir tersebut, SINDOnews tampilkan tiga di antaranya yakni Mohammad Hatta, AR Baswedan, dan Buya Hamka. Berikut ini profil singkat tiga tokoh tersebut:

1. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta, yang lebih dikenal dengan sapaan Bung Hatta, lahir di Kampung Aur Tajungkang, Bukittinggi, 12 Agustus 1902. Saat lahir, nama yang diberikan orang tuanya adalah Muhammad Athar.

Hatta merupakan wapres pertama RI. Dikutip dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, pada tahun 1945 Hatta secara aklamasi diangkat sebagai wakil presiden pertama RI. Sebelumnya, Soekarno atau Bung Karno juga diangkat secara aklamasi menjadi presiden RI.



Hatta menjadi wapres hingga 1956. Dia mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Hatta meninggal di Jakarta 14 Maret 1980. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Bung Hatta dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 2012. Gelar tersebut diberikan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 84/TK/TAHUN 2012 tanggal 7 November.

2. AR Baswedan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2312 seconds (0.1#10.140)