Terungkap! Ini Sosok yang Bikin Luhut Tinggalkan Militer, Beri Tugas Baru di Negeri Singa

Jum'at, 15 Juli 2022 - 10:10 WIB
loading...
A A A
Bukan apa-apa, hubungan kedua negara tetangga bertetangga ini sempat dingi lantaran suatu ‘peristiwa’ tak mengenakkan. Habibie pernah menyebut Singapura sebagai a little red dot alias noktah merah kecil. Tugas kedua, menarik kembali investasi dari luar untuk kembali ke Indonesia.



Setelah menunggu beberapa bulan karena dubes lama belum pulang, Luhut akhirnya berdinas di Singapura. Untuk memperbaiki hubungan, jenderal yang pernah mengenyam pendidikan antiteror di SGS 9 Jerman itu mulai membangun kepercayaan dari para pejabat Singapura dari Perdana Menteri (waktu itu) Goh Chok Tong hingga kementerian luar negeri Singapura.

“Kepada mereka saya janjikan melakukan semua hal yang bisa saya lakukan menyangkut kepentingan Singapura di Indonesia,” kata dia.

Kepercayaan dan hubungan baik dengan para politisi itu terus dijaganya hingga hari ini. Langkah itu diakuinya amat memudahkan dalam pekerjaan sekarang.

“Senior Minister Teo Chee Hean, misalnya, adalah teman baik dari era ketika saya jadi Dubes. Demikian pula PM sekarang Lee Hsien Loong dan isterinya,” tutur lulusan terbaik Kursus Komando dan Lintas Udara ini.

Ada cerita menarik selama menjalankan tugas di Negeri Singa. Luhut suatu ketika menyelenggarakan seminar yang dihadiri para konglomerat Indonesia. Mereka sebelumnya lari meninggalkan Tanah Air ketika terjadi huru-hara 1998.

Menurut Luhut, tujuan seminar itu, sesuai perintah Presiden, adalah meyakinkan mereka untuk kembali ke Indonesia da berbisnis seperti biasa. Agar punya daya tarik, dia membujuk (almarhum ) KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur sebagai keynote speaker.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)