Mampu Dongkrak Pemilih, Ridwan Kamil Cocok untuk Capres 2024 yang Butuh Suara di Jabar

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:57 WIB
loading...
Mampu Dongkrak Pemilih, Ridwan Kamil Cocok untuk Capres 2024 yang Butuh Suara di Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selalu muncul dalam berbagai survei capres dan cawapres potensial di 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selalu muncul dalam berbagai survei calon presiden dan calon wakil presiden potensial di 2024 mendatang. Konsistensi itu terjaga meski pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu belum berpartai.

Dalam survei terbaru CiGMark, nama pejabat yang berpengalaman sebagai wali kota Bandung tersebut terpotret sebagai figur yang sangat potensial sebagai calon wakil presiden. Calon presiden yang dipasangkan dengan Kang Emil unggul dalam beberapa skema.

Analisis politik yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyampaikan, memang tidak semua nama cocok dijadikan calon presiden. Meski ada potensi, bisa jadi nama itu lebih cocok jadi wakil presiden. Dia mencontohkan tiga nama besar yang saat ini selalu disebut-sebut sebagai calon presiden di 2024 mendatang yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Rasyid Baswedan.



Sementara untuk calon wakil presiden, Pangi melihat beberapa nama yang belakangan positioning-nya kian menguat. ”Salah satunya adalah Pak Ridwan Kamil yang cocoknya sebagai calon wakil presiden,” terang dia.

Selain itu, ada nama Sandiaga Salahuddin Uno, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga dinilai lebih cocok sebagai calon wakil presiden ketimbang calon presiden. Namun demikian, Pangi menyatakan bahwa pemilihan kombinasi calon presiden dan calon wakil presiden bergantung pada banyak hal.



Selain kecocokan di antara para pasangan tersebut, target ikut jadi penentu. Misalnya, bila butuh calon wakil presiden yang memiliki latar belakang pengusaha, ada nama Sandiaga Uno dan Erick Thohir. Bila perlu calon berlatar belakang non sipil, bisa dicari nama yang berlatar belakang militer agar jadi pasangan sipil - militer.

Kemudian, Pangi menjelaskan, jika yang dibutuhkan adalah calon wakil presiden yang berlatar belakang kepala daerah dengan jumlah pemilih besar ada nama Ridwan Kamil. ”Kalau mereka ingin mencari calon wakil presiden yang terbesar elektoral penduduknya, tentunya Pak Ridwan Kamil. Karena Jawa Barat kan representasi penduduknya termasuk terbesar. Semua, tergantung kebutuhan,” ucapnya.

Hasil survei CiGMark yang dilakukan pada 9 - 17 Juni 2022 dengan total responden sebanyak 1.200 orang memotret beberapa kombinasi dan skema pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Survei yang dilaksanakan dengan metodologi multistage random sampling dan margin of error sebesar 2,83% itu menunjukkan gambaran pemilih ketika dihadapkan dalam beberapa opsi. Khususnya saat Ridwan Kamil ditempatkan sebagai wakil presiden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2654 seconds (0.1#10.140)