Survei SRMC: Elektabilitas Ridwan Kamil dan Prabowo di Jabar Beda Tipis

Selasa, 15 Februari 2022 - 14:47 WIB
loading...
Survei SRMC: Elektabilitas Ridwan Kamil dan Prabowo di Jabar Beda Tipis
Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) di Jawa Barat beda tipis berdasarkan survei SMRC yang diumumkan hari ini. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Jawa Barat (Jabar) beda tipis. Hal tersebut terekam dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang diumumkan hari ini.

Manager Program SMRC Saidiman Ahmad menyampaikan bahwa hasil tersebut ditemukan ketika lembaganya melakukan survei dengan metode pertanyaan tertutup. Dalam kesempatan itu, dia menyebut ada 4 tokoh yang mendapat dukungan yang cukup seimbang.

Keempatnya adalah Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. “Dari simulasi 4 nama, Ridwan Kamil mendapat dukungan 22,2% cukup seimbang dengan Prabowo 21,9%. Sementara Anies 19,3% dan Ganjar 17,8%. Yang belum tahu/tidak menjawab 18,8%," kata Saidiman dalam paparannya secara daring, Selasa (15/2/2022).





Namun, kondisi ini justru menjadi berbeda jika survei tersebut dilakukan tanpa melibatkan Ridwan Kamil, ternyata suaranya tersebar cukup merata kepada ketiga calon lainnya. "Dalam simulasi 3 nama tanpa Ridwan Kamil, Prabowo mendapat dukungan 28,7%, Anies Baswedan 27%, dan Ganjar Pranowo 25,1%. Yang tidak tahu/tidak menjawab 19,2%," ujarnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada periode 5-8 Februari 2022 melalui saluran telepon. Pemilihan sampel dilakukan metode double sampling dengan jumlah sampel sebanyak 640 dan random digit dialing (RDD) sebanyak 161.

Total sampel hasil kombinasi 2 metode tersebut sebanyak 801 responden. Adapun, margin of error survei diperkirakan ± 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)