Lestari Moerdijat Dorong Pemanfaatan Potensi Laut secara Berkelanjutan

Minggu, 03 Juli 2022 - 23:01 WIB
loading...
Lestari Moerdijat Dorong Pemanfaatan Potensi Laut secara Berkelanjutan
Potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia harus digunakan dengan bijaksana, agar terus memiliki daya saing di kancah global. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia digunakan dengan bijaksana, agar terus memiliki daya saing di kancah global.Dalam proses pemanfaatan sumber daya kelautan itu, tentu saja jangan ditinggalkan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat.

Pengembangan pemanfaatan sumber daya laut yang berkelanjutan, kata dia, perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak baik para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, termasuk masyarakat nelayan di tanah air.

"Perlu upaya edukasi dan sosialisasi yang menyeluruh serta efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat nelayan agar mampu mengelola sumber daya laut secara berkelanjutan," kata Lestari Moerdijat di Jakarta, Minggu (3/7/2022).

Dia menjelaskan, sebagai negara maritim, Indonesia perlu segera menerapkan langkah strategis untuk menjawab peningkatan perhatian dunia terhadap pengelolaan laut secara berkelanjutan.

"Pemanfaatan teknologi yang tepat guna dalam pengelolaan sumber daya laut nasional yang berkelanjutan harus ditingkatkan," kata Lestari.



Sebagaimana diketahui, survei independen yang dirilis pada Hari Laut sedunia 8 Juni 2022, tentang sikap terhadap makanan laut dan kesehatan laut yang dilakukan oleh GlobeScan terhadap 25.000 responden di 23 negara menemukan bahwa hampir 90% responden khawatir tentang keadaan lautan.

Dalam survei itu juga terungkap, kekhawatiran paling tinggi terhadap masalah di lautan antara lain terkait polusi (65%), penangkapan ikan berlebihan (44%), dan perubahan iklim (37%).

Hampir tiga perempat (73%) konsumen yang disurvei percaya bahwa masyarakat harus makan makanan laut dari sumber yang berkelanjutan, naik dari 65% jika dibandingkan dengan dua tahun lalu.

"Meningkatnya kesadaran masyarakat dunia tentang pentingnya masa depan laut harus mendorong Indonesia untuk secara sungguh-sungguh mengelola sumber daya kelautannya dengan baik dan berkelanjutan," pungkas Lestari.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)