HUT Bhayangkara, Resimen Mahasiswa Berharap Polri Lebih Humanis

Jum'at, 01 Juli 2022 - 11:02 WIB
loading...
HUT Bhayangkara, Resimen Mahasiswa Berharap Polri Lebih Humanis
Pusat Kajian Ketahanan Nasional (Pustannas) Komando Nasional Menwa Indonesia turut menyampaikan Selamat Polri Ke-76 dan beberapa harapan untuk Polri. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Bhayangkara Polri Ke-76 tepat diperingati tanggal 1 Juli 2022. Pusat Kajian Ketahanan Nasional (Pustannas) Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia (Menwa) turut menyampaikan Selamat HUT Bhayangkara dan beberapa harapan untuk Polri.

"Kami keluarga besar Menwa Indonesia mengucapkan selamat Dirgahayu Korps Bhayangkara Ke-76, semoga Polri semakin dicintai rakyat Indonesia. Jaya selalu Korps Bhayangkara," kata Kepala Pustannas Konas Menwa Indonesia, Rasminto, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: HUT Ke-76 Bhayangkara, Ketua DPP Perindo Apresiasi Kinerja dan Kepemimpinan Kapolri

Rasminto yang juga selaku Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial UNJ berharap, Polri dapat meningkatkan profesionalitasnya dengan mengedepankan tupoksinya.

"Semoga Polri terdepan dalam penegakan hukum dan benar-benar mampu menjadi pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat," ucapnya.

Selain itu Rasminto juga memberikan catatan agar Polri semakin humanis terutama dalam penanganan aksi penyampaian pendapat oleh mahasiswa.

"Masih kerap kita lihat tindakan refresif aparat dalam penanganan aksi penyampaian pendapat dimuka umum oleh mahasiswa, saya harap aparat di lapangan agar lebih humanis sebagaimana pesan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo belum lama ini," jelasnya.

Rasminto menuturkan, agar Polri dapat membangun sinergisitas yang erat dalam penyadaran hukum terhadap warga kampus. "Penyadaran hukum sangat penting dilakukan terhadap warga kampus, maka perlu dibangun sinergisitas yang erat," tuturnya.

"Melalui berbagai program termasuk jika diperlukan adanya penguatan kurikulum hukum ataupun muatan materi pemolisian masyarakat pada setiap program studi selain prodi Ilmu Hukum," tambah Rasminto.

Rasminto beralasan, pentingnya penguatan kurikulum hukum dan muatan materi pemolisian masyarakat tersebut selain bentuk penyadaran hukum juga dapat mendekatkan Polri pada citra yang humanis.

"Penguatan kurikulum hukum dan muatan materi pemolisian masyarakat ini dapat juga membangun citra Polri yang lebih humanis, sebab akan lebih sering berinteraksi dengan warga kampus," ungkapnya.

"Dan Anggota Polri yang ditugasi sebagai dosen tamu pun akan lebih memahami keinginan dan atmosfer kehidupan kampus. Sehingga, dapat diyakini dapat meningkatkan trust dan sinergisitas Polri dengan masyarakat," tutup Rasminto.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1425 seconds (10.177#12.26)