Paripurna DPR Pagi Ini Sahkan 4 Calon Hakim MA Terpilih

Kamis, 30 Juni 2022 - 06:39 WIB
loading...
Paripurna DPR Pagi Ini Sahkan 4 Calon Hakim MA Terpilih
DPR akan mengesahkan 4 Calon Hakim Agung (CHA) dan Calon Hakim Ad Hoc Tipikor di MA pada Rapat Paripurna DPR yang digelar Kamis (30/6/2022), pukul 9.30 WIB. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - DPR akan mengesahkan 4 Calon Hakim Agung (CHA) dan Calon Hakim Ad Hoc Tipikor di Mahkamah Agung (MA) pada Rapat Paripurna DPR yang digelar pada hari ini, Kamis (30/6/2022), pukul 9.30 WIB.

Sebelumnya, keempat nama calon hakim tersebut disepakati secara bulat oleh 9 fraksi di Rapat Pleno Komisi III DPR yang digelar secara terbuka pada Rabu (29/6/2022) malam.

"Selanjutnya hasil persetujuan ini akan dilaporkan dalam rapat paripurna DPR RI hari Kamis tanggal 30 Juni 2022 untuk diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Adies Kadir, dalam Rapat Pleno di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Baca juga: DPR Sepakati 2 Calon Hakim Agung dan 2 Calon Hakim Ad Hoc Tipikor

Sebelumnya, Komisi III DPR menggelar rangkaian Uji Kepatutan dan Kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim yang hasil seleksi di Komisi Yudisial (KY) sejak Senin-Rabu (27-29 Juni) kemarin.



Semua calon mengambil nomor urut dan membuat makalah dalam waktu satu jam pada hari pertama, dilanjutkan dengan pemaparan makalah dan pendalaman di hari kedua dan ketiga.

Adapun 4 calon hakim MA yang terpilih itu yakni:

1. Nani Indrawati,
2. Cerah Bangun,
3. Agustinus Purnomo Hadi,
4. Arizon Mega Jaya.

Sementara, 7 calon hakim MA yang tidak lolos di antaranya, Calon Hakim Agung Kamar Agama Abdul Hakim, Calon Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara (TUN) Khusus Pajak Triyono Martanto, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Subiharta dan Suradi, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Wilem Saija dan Sudharmawatiningsih, Calon Hakim Ad Hoc Tipikor di MA Rodjai S Irawan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1459 seconds (0.1#10.140)