Terima Audiensi soal Ganja Medis, DPR Pastikan Segera Gelar RDP Sebelum Reses

Selasa, 28 Juni 2022 - 16:40 WIB
loading...
Terima Audiensi soal Ganja Medis, DPR Pastikan Segera Gelar RDP Sebelum Reses
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menerima audiensi penggugat uji materi UU Narkotika terkait dengan legalisasi ganja untuk kebutuhan medis, Santi Warastuti di Lantai 4, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menerima audiensi penggugat uji materi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (UU Narkotika) terkait dengan legalisasi ganja untuk kebutuhan medis, Santi Warastuti bersama kuasa hukumnya di Lantai 4, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Setelah mendengar keluhan Santi dan kuasa hukum, Dasco memastikan bahwa DPR melalui Komisi III DPR akan segera menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) guna membahas hal ini. Sebagaimana diketahui, revisi UU Narkotika saat ini tengah dibahas di komisi tersebut.

"Pada hari ini, saya kedatangan Bu Santi Warastuti, orang tua dari Pika yang mengalami sakit yang kemarin viral, mengenai ganja medis dan didampingi oleh pengacara Mas Singgih ini yang melakukan JR (judicial review) di MK mengenai legalisasi ganja untuk medis," ujar Dasco seusai audiensi.

"Setelah mendengarkan apa-apa yang tadi disampaikan, maka kami akan mengambil langkah-langkah untuk mendorong rapat dengar pendapat dengan Komisi III yang kebetulan sedang membahas revisi UU Narkotika," sambungnya.

Soal kapan RDP tersebut akan digelar, Dasco mengatakan bahwa rapat tersebut akan digelar segera dalam minggu ini atau sebelum reses DPR pada awal Juli 2022.

"Kalau sempat minggu-minggu ini, kalau tidak sebelum reses kita sudah minta dilaksanakan rapat dengar pendapat," terangnya.

Soal apakah RDP tersebut akan dihadiri Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Politikus Partai Gerindra ini menjelaskan kemungkinan nanti akan dikoordinasikan oleh Komisi III karena Kemenkes itu bermitra kerja dengan Komisi IX DPR.

Adapun potensi RUU ini dibahas di Pansus, menurut Dasco, kalau memang ada peraturan pemerintah atau peraturan kementerian yang bisa dikoordinasikan sektor komisi, mungkin saja. Namun revisi UU Narkotika sendiri sudah dibahas di Panja Komisi III DPR.

"Ini kan baru-baru aja kita terima aspirasi, sehingga secepatnya kita koordinasikan," tutur Legislator Dapil Banten III ini.

Terkait Badan Narkotika Nasional (BNN) yang kontra terhadap usulan ganja medis, Dasco mengaku belum mendengar itu yang pasti semua aspirasi harus didengarkan, baik itu pro maupun kontra. Baca juga: Wapres Minta MUI Buat Kajian Wacana Ganja untuk Medis

"Saya belum denger ya karena ini kan kita baru saja, tapi ya namanya aspirasi semua aspirasi semua aspirasi harus kita dngerin baik yang pro maupun kontra," pungkas Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)