Sejumlah Terobosan Pemerintah dalam Perhatikan Rakyat Kecil Diapresiasi

Senin, 27 Juni 2022 - 13:08 WIB
loading...
Sejumlah Terobosan Pemerintah dalam Perhatikan Rakyat Kecil Diapresiasi
Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, pada rapat koordinasi Kantor Staf Presiden bersama Kementerian/ Lembaga, di Batam Kepulauan Riau, Jumat 24 Juni 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di tengah kondisi yang serba sulit saat ini, ditambah dengan pandemi Covid-19 yang belum juga selesai, membuat rakyat cukup merasakan dampaknya. Karenanya perlu terobosan pemerintah untuk mengatasi kondisi tersebut.

Sejumlah terobosan pun dilakukan pemerintah, seperti yang dilakukan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, pada rapat koordinasi Kantor Staf Presiden bersama Kementerian/ Lembaga, di Batam Kepulauan Riau, Jumat 24 Juni 2022.

Mantan Panglima TNI ini mendorong kementerian/lembaga untuk melakukan percepatan Kartu Pelaku Usaha Bidang kelautan dan Perikanan (KUSUKA).

"Jadi ke depan, nelayan tidak lagi kesulitan mengurus surat rekomendasi dan lampiran-lampirannya, tinggal menunjukkan kartu KUSUKA saja," kata Moeldoko dalam keterangannya, Senin (27/6/2022).

"Ini tidak hanya mengoptimalkan, tapi penyalurannya juga akan tepat sasaran. KUSUKA itu by name by address, NIK, dan ukuran kapalnya juga terdata di kartu," tambah Moeldoko.

Baca juga: Farid Kasim Judas Serahkan Bantuan Mesin dan Kartu Kusuka

Kepedulian pemerintah dalam hal ini diwakili KSP Moeldoko, mendapat tanggapan positif dari Sekretaris Jenderal Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI), Arip Nurahman.

"Inilah salah satu bentuk perhatian pemerintah khususnya Istana terhadap nasib para nelayan. Pak Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan selalu responsif terhadap kepentingan rakyat," ujar Arip dalam keterangannya.

"Salah satunya terkait kebutuhan para nelayan kecil dalam mendapatkan BBM bersubsidi yang dinilai sangat mendesak sebagai penunjang mereka menangkap ikan," sambungnya.

Terkait program KUSUKA, Arip menegaskan, hal ini sebuah terobosan dari pemerintah untuk menjaga BBM bersubsidi agar tetap tersalurkan sesuai peruntukannya. Selain itu, nelayan sangat dimudahkan karena tidak perlu repot namun cukup hanya dengan satu kartu itu.

"Dengan menerapkan data tunggal melalui aplikasi KUSUKA, kepentingan nelayan dapat terakomodir dalam mendapatkan BBM bersubsidi. Hal itu merupakan bentuk kepedulian yang mendalam dari istana terhadap keberlangsungan hidup nelayan dalam beraktivitas," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)