Bareskrim Minta Pendapat Ahli Usut Meme Stupa Mirip Jokowi

Senin, 27 Juni 2022 - 12:25 WIB
loading...
Bareskrim Minta Pendapat Ahli Usut Meme Stupa Mirip Jokowi
Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Gatot Repli Handoko. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri berencana meminta keterangan saksi ahli terkait meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip dengan Presiden Joko Widodo . Akun Twitter @KMRTRoySuryo2 diketahui ikut mengunggah foto editan tersebut.

"Sampai saat ini penyidik Dittipidsiber masih terus melakukan penyelidikan di antaranya meminta keterangan para saksi ahli dan saksi-saksi lainnya," kata Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Gatot Repli Handoko kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

Namun Gatot belum dapat membeberkan siapa saja saksi yang diperiksa. Akun Twitter Roy Suryo @KMRTRoySuryo2 turut dilaporkan ke Bareskrim karena ikut mengunggah foto stupa tersebut.



"Belum ada update (siapa) yang dimintai keterangan penyidik," katanya.

Untuk diketahui, foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi yang beredar di media sosial ramai diperbincangkan netizen. Polri pun langsung mengusut siapa pembuat meme tersebut.

"Profiling oleh siber," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Selasa (14/6/2022).

Dedi belum menjelaskan detail dugaan awal siapa pembuat foto itu. Dia mengatakan proses pengusutan sedang dilakukan. "Sedang didalami," ujarnya.

Dedi mengingatkan semua pihak untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Dia mengatakan jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum. "Jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam UU ITE," ucap Dedi.

Innalillahi wainna ilaihi roji'un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Bapak Mertua Fuad Zulfian, warga Perum Pesona Citayam Blok A02 Nomor 2A pada hari Sabtu, 25 Juni 2022. Semoga almarhum diampuni segala dosa²nya, diterima amal ibadahnya, dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran...Aamiin ya rabbal alamin
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)