KLHK Paparkan Strategi Pelestarian Lingkungan di Masa Depan

Kamis, 23 Juni 2022 - 13:22 WIB
loading...
KLHK Paparkan Strategi Pelestarian Lingkungan di Masa Depan
KLHK menggelar dialog lintas generasi menyambut 5 Dekade Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 17 Juni 2022. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) menggelar dialog lintas generasi menyambut 5 Dekade Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dalam acara ini dibahas mengenai manajemen lingkungan Indonesia selama 50 tahun terakhir serta strategi pelestarian lingkungan di masa depan, salah satunya adalah praktik ekonomi sirkular dan pemilihan plastik kemasan besar.

Kegiatan ini dihadiri Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari (Dirjen PHL) KLHK Agus Justianto, Kepala Biro Humas KLHK Nunu Anugrah, Direktur Le Minerale Johan Muliawan, Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Christine Halim, dan perwakilan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI).

Agus Justianto mengatakan, dalam lima dekade terakhir, pemerintah Indonesia melalui KLHK melakukan manajemen lingkungan hidup melalui sejumlah inisiatif. "Indonesia berkomitmen untuk meratifikasi keputusan politik dan perjanjian internasional. Di tahun 2022, posisi Indonesia di G20 semakin kuat; isu lingkungan yang diangkat oleh Pemerintahan RI sejajar dengan hasil pertemuan pada G7," kata Agus Justianto dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).



Dengan diplomasi lingkungan melalui pengaturan norma yang kuat, kata Agus, akan menjadi kekuatan Indonesia di dunia internasional. Karena itu, agar dapat menerapkan regulasi dan mencapai target-target lingkungan yang telah ditetapkan, masyarakat harus terus dilibatkan.

"Konsep kebijakan yang telah dikembangkan oleh pemerintahan perlu diteruskan oleh kita, masyarakat Indonesia demi meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup tanah air," katannya.

Untuk melanjutkan berbagai inisiatif tersebut, KLHK terus mendorong upaya konservasi lingkungan melalui pelibatan industri serta masyarakat, utamanya generasi muda dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Senada Ka Biro Humas KLHK Nunu Anugrah menegaskan upaya keberlanjutan, berbagai pemangku kepentingan harus dilibatkan, dari pemerintahan, pemain industri daur ulang, hingga masyarakat.

Baca juga: KLHK Siapkan Ministerial Communique untuk G20

"Salah satu peran serta aktif swasta adalah dengan adanya Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GENS) Le Minerale. Kami mengapresiasi gerakan ini sebagai salah satu langkah konkret dalam menerjemahkan solusi internasional ke solusi lokal. Masyarakat Indonesia harus living by example dengan melakukan aksi-aksi untuk melestarikan lingkungan," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)