Di G20 EDM-CSWG, Indonesia Tunjukkan Kepemimpinan dalam Pengendalian Perubahan Iklim

Rabu, 22 Juni 2022 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Tiga isu prioritas dan misi-misi utama EDM-CSWG bakal dibahas dan dirumuskan menjadi komitmen kolektif G20 melalui adopsi suatu Communique Menteri-Menteri Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim G20 sebagai dokumen utama hasil pertemuan. Communique ini direncanakan akan diadopsi pada Pertemuan Tingkat Menteri Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim G20 pada 31 Agustus 2022 di Bali.

Building Blocks yang membentuk communique bersama tingkat menteri bakal dibahas dalam EDM-CSWG yang kedua ini. Pada bagian Environment Deputies Meeting (EDM) beberapa topik yang akan dibahas antara lain adalah land degradation, halting biodiversity loss, integrated and sustainable water management, resource efficiency and circular economy, marine litter, ocean conservation, dan sustainable finance.

Lalu, pada bagian Climate Sustainability Working Group (CSWG) dilakukan pembahasan tiga studi. Pertama, peran co-benefit mitigasi-adaptasi untuk menciptakan masa depan yang lebih tangguh bagi semua.

Kedua, percepatan implementasi NDC dan transisi berkelanjutan menuju masa depan rendah emisi GRK dan ketahanan iklim melalui pemanfaatan nilai ekonomi karbon. Ketiga, memperkuat aksi dan kemitraan untuk inisiatif kelautan yang berkelanjutan.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0924 seconds (0.1#10.140)