Ternyata Ini Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Selasa, 21 Juni 2022 - 07:13 WIB
loading...
Ternyata Ini Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia bermacam-macam dan penting untuk diketahui. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia bermacam-macam dan penting untuk diketahui. Keberagaman merupakan suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan di berbagai bidang seperti suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, dan ekonomi.

Keberagaman dalam masyarakat Indonesia merupakan anugerah yang patut disyukuri. Pasalnya, mengelola keberagaman di Tanah Air tidaklah mudah.

Luas wilayah negara Indonesia berpengaruh terhadap banyaknya keberagaman yang dimiliki bangsa ini. Ya, Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri atas 34 provinsi dengan ribuan pulau.





Dilansir dari buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas VII SMP/MTS edisi revisi 2017, berikut faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia:

1. Letak strategis wilayah Indonesia

Letak Indonesia yang strategis, yaitu di antara dua Samudra Pasifik dan Samudra Indonesia, serta dua benua Asia dan Australia mengakibatkan wilayah Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional. Lalu lintas perdagangan tidak hanya membawa komoditas dagang, namun juga pengaruh kebudayaan mereka terhadap budaya Indonesia.

Kedatangan bangsa asing yang berbeda ras, kemudian menetap di Indonesia mengakibatkan kemajemukkan ras, agama, dan bahasa.

2. Kondisi negara kepulauan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2491 seconds (0.1#10.140)