Yuk Simak! Peran Pancasila dalam Keberagaman Bangsa

Kamis, 19 Mei 2022 - 05:26 WIB
loading...
Yuk Simak! Peran Pancasila dalam Keberagaman Bangsa
Peran Pancasila dalam keberagaman bangsa penting diketahui dan dilaksanakan semua unsur di Tanah Air. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peran Pancasila dalam keberagaman bangsa penting diketahui dan dilaksanakan semua unsur di Tanah Air. Perlu diingat bahwa Indonesia terdiri dari berbagai pulau, suku, agama, dan ras.

Indonesia juga punya 718 bahasa daerah berdasarkan data terakhir dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada 2019. Bangsa Indonesia sejak ratusan tahun hidup berdampingan dalam menjaga kemajemukan, bertindak, bernalar, dan menjadi cara berpikir.

Nah, Pancasila berfungsi sebagai pandangan hidup bangsa atau Way of Life mengandung makna bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila. Hal tersebut tertuang dalam buku "Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara" oleh Ronto yang dikutip SINDOnews dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca juga: Penerapan Pancasila Pada Masa Orde Baru, dari 3 Partai hingga Repelita Berujung KKN



Adapun aktivitas kehidupan sehari-hari itu dari hal sederhana hidup dalam kerukunan di lingkungan keluarga, sekitar rumah, sekolah, hingga lingkup yang lebih luas seperti antar suku, pulau, dan negara. Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny mengingatkan bahwa dalam Kitab Sutasoma, semboyan Bhinneka Tunggal Ika dengan tegas menggambarkan masyarakat pada waktu itu hidup berdampingan dan bersaudara dalam perbedaan keyakinan.

Romo Benny menuturkan bahwa masyarakat Indonesia beratus-ratus tahun memiliki kearifan yang luar biasa untuk saling menghargai perbedaan. Dia juga mengingatkan bahwa Bapak Pendiri Bangsa Soekarno menegaskan, Negara Republik Indonesia ini bukan milik suatu golongan, bukan juga milik suatu agama, milik suku tertentu, dan bukan juga milik suatu golongan adat istiadat.

Negara ini milik bangsa Indonesia dari Sabang sampai Marauke. Menurutnya, semua unsur bangsa ini harusnya menjaga dan merawat amanat tersebut. Bangsa ini harus bertanggung jawab mengaktualisasikan nilai Pancasila dalam segala sendi kehidupan.

Baca: Ancaman Terhadap Integrasi Nasional dan Semboyan Bhineka Tunggal Ika

Lebih lanjut dia mengatakan, nilai-nilai Pancasila menjadi habitus bangsa, yakni menjadi pemandu kehidupan bersama dalam menciptakan tata keadaban publik. Sementara tata keadaban publik menjadi acuan dalam merawat Bhinneka Tunggal Ika.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2017 seconds (10.177#12.26)