Survei LSP: Elektabilitas Prabowo Kokoh di Puncak, Disusul Anies dan Ganjar

Senin, 20 Juni 2022 - 20:02 WIB
loading...
A A A
Yang menarik adalah mulai naikknya elektabilitas Puan. Secara perlahan ia berhasil memangkas selisih dengan calon lain dan mendekati AHY dengan selisih hanya 0,4%. Bukan tidak mungkin Puan dalam beberapa bulan ke depan, anak dari Megawati Soekarnoputri tersebut dapat melampaui Ganjar dan Anies.

Selain itu, jika melihat pola, ada kecenderungan menarik di mana angka elektabilitas calon-calon berlatar elite parpol mengalami penambahan elektabilitas dan calon-calon berlatar non elite parpol cenderung stagnan.

"Boleh jadi hal ini terjadi karena publik melihat ada ketidakpastian pencalonan capres non elite parpol akan dicalonkan oleh parpol. Sehingga publik lebih memilih calon elite petinggi yang punya kencederungan kuat untuk dicalonkan," jelasnya.

Indra menilai bahwa masih ada waktu yang cukup panjang bagi para calon untuk menaikkan elektabilitasnya dimana ada 12,1% pemilih belum menentukan pilihannya.

Sekadar diketahui, bahwa hasil survei ini merupakan temuan saat survei yang dilaksanakan pada 29 Mei-9 Juni 2022 dengan jumlah sampel 1.230 responden, margin of error 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%. Sampel tersebut merupakan penduduk yang berusia 17 tahun ke atas dan disebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4559 seconds (0.1#10.140)