Swa Bhuwana Paksa, Doktrin dan Makna Lambang Milik TNI Angkatan Udara

Senin, 20 Juni 2022 - 15:39 WIB
loading...
A A A
Dalam lambang TNI AU, terdapat pita bertuliskan Swa Bhuwana Paksa. Motto tersebut berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Sayap Tanah Air. Dalam hal ini, sayap diartikan sebagai pelindung dan menjadi gambaran untuk TNI AU yang bertugas mewujudkan pertahanan nasional di udara untuk melindungi keamanan, kedaulatan, kemerdekaan, hingga kepentingan NKRI.

3. Anak Panah

Burung Garuda digambarkan sedang mencengkram lima buah anak panah. Dalam maknanya, arti lima anak panah ini merupakan perwujudan lima dasar negara, yaitu Pancasila.

Gambaran tersebut juga bisa diartikan TNI AU dengan alutsista udaranya dalam menjalankan tugas yang selalu berpegang teguh pada lima dasar negara atau Pancasila.

4. Perisai

Perisai bisa diartikan sebagai alat pelindung diri prajurit atau ksatria dalam melaksanakan tugas di pertemputaran. Dalam hal ini, perisai bergambar peta Indonesia tersebut mengandung makna TNI AU sebagai pelindung pertahanan negara. Tugasnya tentu mempertahankan keamanan nasional udara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5. Lidah Api

Figur Lidah Api menggambarkan kobaran semangat. Dalam lambang tersebut, ada sekitar 4 dan 5 lidah api di sebelah kanan dan kiri perisai. Angka tersebut memiliki makna tahun 45 yang melambangkan NKRI lahir dalam kancah api perjuangan 45 yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.

6. Manggar

Dalam upacara adat, kedudukan manggar dianggap sebagai pengganti bunga pinang yang disebut mayang. Kata mayang sendiri memiliki hubungan dengan kata ‘bejo kemayangan’ yang merujuk pada kondisi keberuntungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)