Peduli Pandemi Covid-19, Human Initiative Ajak Masyarakat Berkurban

Rabu, 24 Juni 2020 - 14:36 WIB
loading...
Peduli Pandemi Covid-19, Human Initiative Ajak Masyarakat Berkurban
Human Initiative kembali mengajak masyarakat Indonesia dan dunia untuk bersama berbagi manfaat kurban kepada saudara yang membutuhkan di tengah wabah Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perayaan Idul Adha setiap tahunnya selalu membawa semangat untuk menggapai takwa dan membahagiakan sesama. Meski Indonesia masih didera wabah pandemi Virus Corona (Covid-19).Melalui ibadah kurban, Idul Adha menjadi momen umat Islam untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sekaligus merekatkan silaturahim kepada saudara sebangsa bahkan lintas negara.

Pada tahun ini, Human Initiative kembali mengajak masyarakat Indonesia dan dunia untuk bersama berbagi manfaat kurban kepada saudara yang membutuhkan. "Semangat sebar kurban tahun ini dikemas dalam tema yang sama seperti tahun sebelumnya, yaitu Insya Allah Qurban," ujar Tomy Hendrajati, Presiden Human Initiative, Rabu (24/6/2020).

Dia mengatakan, tema ini diharapkan dapat menguatkan dan meneguhkan niat baik dari masyarakat Indonesia untuk bisa menyalurkan kurbannya, meski pandemi Covid-19 belum berakhir. Menurutnya, Human Initiative mencoba melakukan adaptasi pelaksanaan program qurban di masa pandemi. Untuk masyarakat yang tetap ingin berbagi melalui kurban, akan difasilitasi dengan harga yang terjangkau dan kemudahan transaksi melalui berbagai kanal termasuk digital. (Baca juga: MCCC Tak Ingin Idul Adha dan Kurban Menjadi Klaster Baru Covid-19)

Sementara dari sisi keamanan dan kesehatan, kata Tomy, pelaksanaan kurban akan menerapkan protokol kesehatan baik ketika memotong maupun saat mendistribusikan daging kurban. "Penerima manfaat daqing kurban akan diprioritaskan kepada wilayah terdampak bencana, khususnya terdampak Covid-19, khususnya zona merah," kata Tomy.

Tomy menjelaskan, Human Initiative memiliki program Sebar Qurban Nusantara (SQN) yang telah berjalan sejak 2003 yang sampai 2019 telah membantu 20.467 pequrban dengan lebih satu juta penerima manfaat.Pada 2019 hingga saat ini, lanjutnya, program SQN bertujuan mengakomodasi umat Islam menjalankan ibadah kurban dengan harga terjangkau, serta menyebarkan kebermanfaatannya ke wilayah-wilayah yang membutuhkan di seluruh Indonesia, termasuk wilayah yang saat ini Zona Merah Covid-19. (Baca juga: Ulama: Kurban Bukan Sekadar Ibadah, Ada Manfaat Ekonomi)

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Human Initiative, Azi Abdul Aziz, menyampaikan target pekurban tahun ini adalah sebesar 24.149. Sesuai yang diharapkan dapat menyasar sebanyak 289.788 jiwa penerima manfaat di 34 provinsi dan 7 negara yakni Somalia, Kenya, Uganda, Kamerun, Myanmar, Suriah, dan Palestina. “Kami akan berikhtiar sebisa mungkin mencapai target tersebut untuk masyarakat yang membutuhkan” ujar Azi.

Untuk memudahkan masyarakat menunaikan ibadah kurban, Human Initiative juga menyiapkan berbagai kanal transaksi yang dapat dijangkau oleh masyarakat melalui sarana digital dengan mengunjungi website donasi kurban yakni, solusipeduli.org/qurban. ”Informasi detail tentang program Insya Allah Qurban juga bisa didapat dengan menghubungi call center 021-87780015,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2472 seconds (0.1#10.140)