Prabowo: Penyelesaian Damai dan Saling Menguntungkan Adalah Cara Asia

Kamis, 16 Juni 2022 - 17:33 WIB
loading...
Prabowo: Penyelesaian Damai dan Saling Menguntungkan Adalah Cara Asia
Menhan Prabowo Subianto menegaskan, Indonesia akan mengedepankan penyelesaian secara damai dan saling menguntungkan setiap perbedaan dengan negara-negara tetangga. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan, Indonesia akan mengedepankan penyelesaian secara damai dan saling menguntungkan setiap perbedaan dengan negara-negara tetangga.

Hal itu disampaikan Prabowo saat menjawab pertanyaan mengenai Apakah AUKUS dan The Quad Kompatibel dengan Cara Asia, dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 di Singapura.

“Jika saya ditanya apakah AUKUS atau The Quad kompatibel dengan cara Asia, jawaban saya adalah bahwa setiap negara harus memutuskan sendiri apa prioritas mereka, apa kebutuhan keamanan mereka” tegasnya.



Menurut Prabowo, jika para anggota AUKUS berpikir atau menganggap bahwa untuk kepentingan dan keamanan mereka perlu memusatkan perhatian, maka bukan menjadi tugas Indonesia atau bukan hak Indonesia untuk berpendapat atas pendapat masing-masing negara tersebut.

“Kami tidak percaya pada perkataan yang mengatakan perihal aliansi yang pada akhirnya bisa juga mengancam negara lain, tapi itu pendapat kami dan kami menghormati pendapat negara lain” tambahnya.



Terkait The Quad, Prabowo mengatakan, jika anggota The Quad menganggap itu adalah untuk kepentingan mereka, pihaknya akan menghormati itu.

”Tetapi, sekali lagi saya ingin tegaskan, pertanyaannya di sini adalah bahwa kita harus selalu mempertimbangkan dan menghormati kepentingan nasional dan kepentingan yang sah dari Republik Rakyat China. China telah menjadi peradaban yang hebat. Mereka telah menjadi pemimpin Asia selama ribuan tahun,” katanya.

Mantan Danjen Kopassus ini menambahkan, meskipun Indonesia memiliki beberapa perbedaan, namun pihaknya akan menyelesaikan perbedaan tersebut dengan damai.

“Kami akan berusaha menyelesaikan perbedaan tersebut dengan cara yang damai dan saling menguntungkan. Itu adalah cara Asia. Kami memiliki perbedaan dengan Singapura. Kami memiliki perbedaan dengan Malaysia, tetapi kami menganggap Malaysia sangat dekat dengan kami dan kami bertekad untuk menyelesaikan perbedaan itu tanpa menggunakan kekuatan atau kekerasan apa pun,” tambahnya.

Prabowo meyakinkan, Indonesia bertekad untuk menyelesaikan setiap perbedaan dengan negara tetangga tanpa menggunakan kekuatan atau kekerasan apa pun. “Kami yakin bahwa dengan kerja sama yang bersahabat, semua orang akan menang” imbuhnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)