Presiden Jokowi Reshuffle 2 Menteri, Faldo: Ini Bukan Tawar-menawar Politik

Kamis, 16 Juni 2022 - 13:27 WIB
loading...
Presiden Jokowi Reshuffle 2 Menteri, Faldo: Ini Bukan Tawar-menawar Politik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan perombakan atau reshuffle kabinetnya pada Rabu (15/6/2022) kemarin. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada Rabu (15/6/2022) kemarin. Reshuffle dilakukan pada posisi Menteri Perdagangan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan tiga posisi wakil menteri.

Menurut Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini, reshuffle tersebut dilakukan untuk membentuk tim kerja bukan terkait tawar-menawar politik. "Kembali lagi, ini soal memperkuat tim untuk bangkit dari pandemi. Ini membentuk tim kerja, bukan soal tawar-menawar politik. Jadi kita jangan berspekulasi ke mana-mana. Kita fokus ke masalah pemerintahaan aja," ujar Faldo dalam keterangannya, Kamis (16/6/2022).

Selain itu, kata Faldo, reshuffle tersebut dilakukan untuk menjawab opini masyarakat beberapa waktu terakhir. Dan juga menanggapi adanya kebutuhan mendesak terkait bahan pokok.



"Presiden punya ukuran soal fungsi dari kerja. Reshuffle ini adalah upaya menjawab opini masyarakat selama ini. Kita lihat ada kebutuhan yang mendesak soal bahan-bahan pokok dan bahan makanan. Jadi, jangan berspekulasi yang tidak-tidak," katanya.

Faldo pun yakin, reshuffle yang dilakukan Presiden Jokowi akan memperkuat kabinet kerjanya untuk menyelesaikan target-target yang belum tercapai. "Sisa waktu yang dimiliki sekarang akan dimanfaatkan dengan optimal. Target yang belum tercapai, mesti semakin dikebut. Ini yang kami yakini dan fokus utama kami saat ini," ungkapnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Jokowi juga melantik mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Baca juga: Reshuffle Kabinet, Muhammadiyah Ingatkan Kepentingan Negara di Atas Kroni

Pada posisi wakil menteri Presiden Jokowi menunjuk Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni menjadi Wakil Menteri ATR/BPN. Antoni menggantikan sesama kader PSI Surya Tjandra .

Dan dua lainnya yakni John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2276 seconds (10.177#12.26)