Simulasi Pasangan Capres 2024: Ganjar-Erick Posisi Teratas Pilihan Publik

Selasa, 14 Juni 2022 - 17:18 WIB
loading...
Simulasi Pasangan Capres 2024: Ganjar-Erick Posisi Teratas Pilihan Publik
Pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir menduduki peringkat teratas dalam hasil survei pasangan capres dan cawapres yang dilakukan Charta Politika. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pasangan Ganjar Pranowo - Erick Thohir menduduki peringkat teratas dalam hasil survei pasangan capres dan cawapres yang dilakukan Charta Politika. Elektabilitas duet Ganjar-Erick unggul signifikan ketimbang dua pasangan lain, Anies Baswedan-Puan Maharani dan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyampaikan, pasangan Anies-Puan hanya mengantongi elektabilitas sebesar 25,3%, sedangkan pasangan Prabowo-Cak Imin hanya 23,7%.

"Untuk pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir berada di angka 35,3 persen," kata Yunarto dalam rilis hasil survei secara daring dikutip, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Heri Budianto: Kandidat Cawapres Terkuat Survei Poltracking Dekat dengan Partai Perindo

Nama Erick Thohir menjadi sebagai salah satu calon potensial untuk 2024. Dalam kategori survei cawapres, ucap Yunarto, mantan Presiden Inter Milan itu terus bercokol di tiga teratas pilihan responden.

Elektabilitas Erick tercatat sebesar 9,8%. Meski berada di bawah Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil (16,5%), tren elektabilitas Erick terus meningkat, bahkan mengungguli nama-nama lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono (8,8%), Khofifah Indar Parawansa (6,4%), Puan Maharani (4,2%), Airlangga Hartarto (2,6%), dan Susi Pudjiastuti (2,1%).

Yuniarto menyampaikan, Ganjar dan Erick juga mengalami peningkatan elektabilitas untuk kategori 10 nama calon presiden. Yuniarto mengatakan, elektabilitas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan cenderung stagnan, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, dan Airlangga Hartarto relatif stabil dibandingkan survei periode April 2022. Sandiaga Uno dan Khofifah Indar Parawansa terlihat mengalami penurunan elektabilitas.

Baca juga: Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Melesat Setelah Rakernas Projo

"Di sisi lain, Erick Thohir mengalami peningkatan. Tingkat kemantapan pilihan responden terhadap nama-nama calon presiden sudah mulai menguat, berada pada angka di atas 50%. Pada kategori calon Wakil Presiden, nama Sandiaga Uno berada pada posisi teratas, diikuti berikutnya oleh Ridwan Kamil, dan Erick Thohir," kata Yuniarto.

Survei Charta Politika dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Terdapat 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi dalam survei yang dilakukan pada Mei-2 Juni 2022. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat dengan margin of error kurang lebih 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)