Profil Laksda Abdul Rasyid, Pangkoarmada RI Baru yang Kenyang Pengalaman Tugas di Kapal Perang

Selasa, 14 Juni 2022 - 05:05 WIB
loading...
Profil Laksda Abdul Rasyid, Pangkoarmada RI Baru yang Kenyang Pengalaman Tugas di Kapal Perang
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memberikan bendera pataka kepada Laksda TNI Abdul Rasyid K saat Upacara Sertijab Pangkoarmada RI di Dermaga Sunda Komplek Satuan Kapal Koarmada I, Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/6/2022). Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI , Senin (13/6/2022). Di mana, posisi kepala satuan baru tersebut diserahterimakan kepada Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong.

Laksda Abdul Rasyid menggantikan posisi Laksdya TNI Agung Prasetiawan yang kini telah memasuki masa purna tugas. Jabatan sebelumnya yang diemban okeh Abdul Rasyid adalah Asrena KSAL.



Dengan demikian, secara otomatis Laksda TNI Rasyid akan naik pangkat menjadi bintang tiga atau Laksdya. "Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid sebagai Pangkoarmada RI," tutur Yudo saat sertijab digelar di Kompleks Satuan Kapal Koarmada I, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Diketahui, Rasyid merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/tahun 1988. Pria bertanggal lahir 24 September 1964 ini malang melintang di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Sejumlah jabatan strategis di KRI sempat diembannya selama berdinas di dunia kemiliteran. Kariernya dimulai saat menjabat sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) di KRI Imam Bonjol-383.

Barulah jabatan Komandan KRI mulai diembannya, yakni Komandan Pulau Rangsang-727, Komandan KRI Teluk Celukan Bawang-532, hingga Komandan KRI Teuku Umar-385.

Barulah setelah puas bertugas di KRI, Laksda Rasyid Abdullah mulai diamanahi sebagai Danlanal Ranai dan Danlanal Banten. Kemudian, dirinya menjabat sebagai Asops Danlantamal IV/Tanjungpinang dan Asops Danguspurlabar.

Lalu, Abdul Rasyid sempat menjadi Komandan Komando Latihan Armada Barat dan Asops Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Pada tahun 2016 hingga 2017, Abdul Rasyid dipindahtugaskan ke Mabes TNI sebagai Wakil Kepala Pusat Penerangan (Wakapuspen) TNI. Setelahnya, yang bersangkutan menjabat Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AL (Kadisopslatal).

Komandan Lantamal I Medan turut diembannya pada 2019 sampai dengan 2020. Karier Pati Bintang Dua itu kian moncer di tahun tersebut.

Di mana, dia dipilih untuk menjadi Panglima Kolinlamil. Kemudian, jabatan Pangkoarmada I pada 2020-2021, berlanjut sebagai Asrena KSAL pada 2021-2022.

Sebagai informasi, Koarmada RI merupakan satu dari 4 satuan baru yang dibentuk oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Pembentukannya resmi tertuang dalam SK Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)